Hari Pers Nasional

Provinsi Maluku Jadi Pusat Diklat Pimpinan dan Pencanangan Reformasi Birokrasi

Provinsi Maluku menjadi tempat pelatihan calon pimpinan serta menjadi lokasi pencanangan inovasi pelayanan publik dan reformasi birokrasi.

istimewa
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (tengah) berfoto bersama Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di ruang kerjanya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016). 

WARTA KOTA, SENAYAN--- Provinsi Maluku akan menjadi tempat pelatihan para calon pimpinan birokrasi di Indonesia serta menjadi lokasi pencanangan inovasi pelayanan publik dan reformasi birokrasi.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur saat menerima Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di ruang kerjanya, kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

"Nanti para pimpinan birokrasi yang akan mengikuti kursus PIM 2 tidak perlu lagi ke Jakarta. Kita jadikan Provinsi Maluku menjadi pusat kursus Pim 2 (Diklat Kepemimpinan II) ," ujar Abnur.

Dia mengatakan, tahap pertama Diklat Kepemimpinan II itu diikuti 50 orang.  Diklat berlangsung hasil kerja sama Kementerian PAN dan RB dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) --yang selama ini menangani Diklat Pim di Jakarta.

"Para peserta Diklat Pim itu wajib membuat program inovasi yang bisa diterapkan saat kembali ke tempat kerjanya. Dan ternyata kalau kita paksa, mereka bisa juga. Meski ada yang lucu-lucu juga programnya," ujar Menpan dan RB.

Kerja Sama Panitia HPN

Dalam kesempatan itu juga dibahas program kerja sama Kementerian PAN dan RB dengan Panitia HPN 2017 untuk menyelenggarakan pelatihan bagi aparatur negara di Provinsi Maluku.

Kegiatan itu akan dilaksanakan sebelum diselenggarakannya Puncak Peringatan HPN pada 9 Februari 2017.

Peserta pelatihan itu adalah para pimpinan birokrasi di provinsi kepulauan itu. Materinya adalah seputar inovasi dalam pelayanan publik.

"Jadi, nanti kita canangkan sekalian program inovasi dalam pelayanan publik dan juga reformasi birokrasi," ujar Menteri.

M Ihsan, Ketua Panitia HPN 2017, menambahkan, pada acara HPN tahun depan, program kegiatan tidak hanya terkait dunia pers, tetapi juga revolusi mental masyarakat Maluku, inovasi birokrasi, dan juga kegiatan ekonomi untuk kemajuan daerah.

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved