Breaking News:

Pilkada DKI Jakarta

AHY Janji Tidak Akan Gusur Kampung Muara Baru

'Jangan Janji, kalau tidak bisa ditepati'. Kalimat itu spontan disampaikan oleh seorang ibu kepada Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyo

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Dwi Rizki
Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono di Kampung Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin (19/12) siang. 

WARTA KOTA, PENJARINGAN -- 'Jangan Janji, kalau tidak bisa ditepati'. Kalimat itu spontan disampaikan oleh seorang ibu kepada Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono kepada warga di Kampung Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin (19/12) siang.

Agus pun tersenyum, dirinya tetap berjanji tidak akan menggusur kampung itu apabila terpilih nanti.

Kampung Muara Baru, memang mirip dengan kondisi kampung permukiman padat penduduk dan kumuh lainnya di wilayah Jakarta Utara.

Hunian semi permanen milik warga terlihat saling menempel rapat lengkap dengan gang-gang sempit diantaranya.

Gang-gang yang menghubungkan rumah warga yang dominan berukuran 3x3 meter persegi itu terlihat gelap di siang hari, lantaran tertutup dak lantai dua rumah yang menjorok menutup gang. Selain pengap, permukiman warga terlihat berbau tidak sedap, hal itu dikarenakan saluran air yang menggenang serta banyaknya sampah di Kali Gendong, sisi permukiman.

"Saya janji tidak akan menggusur perkampungan ini, tapi kalau melihat kondisinya, penataan harus dilakukan. Sehingga kampung jadi lebih manusiawi dan nyaman. Sekali lagi saya janji tidak akan gusur kampung ini," ungkap suami Annisa Pohan disambut riuh warga.

Walau diyakinkannya penggusuran tidak dilakukan, penataan katanya harus dilakukan secara menyeluruh, yakni mulai dari revitalisasi saluran air dan Kali Gendong, pembangunan rumah sehat bagi warga dan fasilitas pengolahan sampah terpadu yang melibatkan masyarakat.

"Got banyak yang mampet dan sering banjir, sampah yang menumpuk membuat sumber penyakit untuk kehidupan rakyat sekitar. Perlu adanya upaya penataan mengenai sampah, memperbaiki saluran got serta upaya meningkatkan kualitas hidup rakyat sekitar," jelasnya menambahkan. (dwi)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved