Sidang Ahok

Inilah Tanggapan Media Asing Termasuk Media China terhadap Tangis Ahok di Persidangan

Media asing ikut meramaikan pemberitaan sidang perdana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Selasa (13/12/2016).

Inilah Tanggapan Media Asing Termasuk Media China terhadap Tangis Ahok di Persidangan
Wartakotalive.com/Suprapto repro KompasTV
Basuki Tjahaja Purnama saat sebelum jalani sidang di PN Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016) 

WARTA KOTA, PALMERA-- Media asing ikut meramaikan pemberitaan sidang perdana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Selasa (13/12/2016).

Baca: Komentari Ahok Nangis di Pengadilan, Rachel Maryam Malah di-Bully Netizen

Mayoritas menyorot Gubernur nonaktif DKI Jakarta yang sampai meneteskan air mata saat membacakan nota keberatan atas dakwaan penistaan agama itu.

Baca: Sambil Membacakan Buku Karyanya, Ahok Menangis di Persidangan

"Gubernur Jakarta sampai meneteskan air mata sembari membantah dirinya ada niatan untuk menistakan Alquran," demikian penggalan artikel Reuters.

Sejumlah media seperti BBC News dan SBS juga menyebutkan persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara itu diwarnai suasana emosional.

"Sambil mengusap air mata, Ahok sangat emosional saat menjelaskan bagaimana rasanya dituduh menista agama," tulis SBS, media Australia.

South China Morning Post juga menyorot bagaimana Ahok berulang kali mengusap air mata menggunakan sebuah tisu.

"Saya tahu saya harus menghormati ayat-ayat Alquran. Saya tidak paham bagaimana saya sampai bisa dibilang menista Islam," kata Ahok, menurut kutipan South China Morning Post.

Diberitakan sebelumnya, Ahok tak kuasa menahan kesedihan kala menceritakan bagaimana dirinya dibesarkan di tengah keluarga angkat muslim.

Menurut Ahok, jika dirinya dituduh menista agama, maka itu sama saja dituduh tidak menghargai orangtua dan saudara-saudara angkat muslimnya.

Ahok mengatakan ucapan kutipan Surat Al Maidah itu terlontar karena dirinya kerap mendapat 'serangan' dari oknum politikus yang menggunakan ayat tersebut karena tidak ingin bersaing secara sehat dalam pilkada. (Star Online/SCMP/Reuters/SBS/Ruth Vania)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved