Disdik DKI Bangun SMKN Berasrama ‎di JIC untuk Warga Tidak Mampu

Sekolah yang akan diberi nama SMKN 64 Berasrama itu, berada di Jakarta Islamic Center (JIC), Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Joko Supriyanto
ILUSTRASI - Pada kegiatan SMK EXPO di Kantor Kepala Dinas DKI Jakarta, Kamis (1/12/2016) Sopan menambahkan jika tahun 2017 nanti akan dibangun sekolah percontohan SMK yang memiliki asrama, dan sekolah ini pun nantinya gratis dan tidak dikenakan biaya. 

WARTA KOTA, BALAI KOTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, akan membangun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) berasrama untuk warga tidak mampu.

Sekolah yang akan diberi nama SMKN 64 Berasrama itu, berada di Jakarta Islamic Center (JIC), Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Seperti yang dikatakan oleh Wakil Kepala Disdik DKI Jakarta, Bowo Irianto, bahwa sekolah itu akan dibangun pada 2017.

"Sekolah itu akan terdapat enam rombel (rombongan belajar), sebanyak 192 siswa. Masing-masing rombel sebanyak 32 siswa," kata Bowo, di ruangan kerjanya, Kantor Disdik DKI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/12/2016).

Sekolah itu nantinya menggunakan sistem berasrama. Seluruh siswanya selama sepekan belajar dan tinggal di sekolah. Mereka diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing hanya Sabtu dan Minggu saja.

"Pemilihan sekolah berasrama ini, agar bisa lebih optimal dalam segi waktu, dalam memberikan sentuhan watak kepada siswa," katanya.

Pasalnya, siswa nantinya akan menjalani kehidupan sehari-hari di asrama.

Dari Pukul 06.30 sampai 15.00 sekolah reguler. Lalu pukul 15.00 sampai 06.30 oleh bagian keasramaan

"Jadi siswa lebih terkontrol. Selain itu juga bisa melatih sikap kemandiriannya. Nanti mereka akan mencuci dan menyetrika sendiri. Mengatasi masalah sendiri," katanya.

Lalu, untuk seluruh pembiayaan siswa akan dianggarkan oleh Disdik DKI. Para siswa yang tidak mampu itu, tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved