Breaking News:

Koran Warta Kota

Kapolri: Kalau bisa Sidang Ahok Dijauhkan dari Sentra-sentra Ekonomi

Meski sudah ditentukan lokasi sidang kasus penistaan agama, tapi Kapolri Jend Tito Karnavian masih mempertimbangkan lokasi lain

Warta Kota
Warta Kota 

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Meski lokasi sidang kasus dugaan penistaaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah ditentukan oleh PN Jakarta Utara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan masih mempertimbangkan untuk mencari tempat lain.

Sidang itu sendiri dijadwalkan pada Selasa (13/12).

Kapolri yang ditemui seusai menghadiri Seminar Nasional "Preventive Justice Dalam Antisipasi Perkembangan Ancaman Terorisme" di Jakarta, Selasa (6/12), mengatakan sementara ini memang tempatnya di eks Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang ada di Jalan Gajah Mada No 17, Jakarta Pusat.

Menurut Kapolri, pertimbangan untuk dicarikan tempat lain itu terkait masalah keamanan, agar tidak mengganggu sentra-sentra ekonomi yang berada di sekitar Jalan Gajah Mada, seperti kawasan Glodok dan Mangga Dua (Jakarta Barat), serta Pasar Baru (Jakarta Pusat).

"Kami berpikir ada tempat lain yang lebih mudah kami amankan supaya juga jauh dari sentra-sentra ekonomi," ujarnya.

Terkait jumlah personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan sidang Ahok, Kapolri belum bisa memastikannya.

"Nanti kami lihat situasinya," ucap mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) itu.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Markas Besar (Mabes) Polri Kombes Pol Rikwanto menyatakan, terdapat sejumlah alternatif mengenai tempat dilaksanakannya sidang perkara dugaan penistaan agama.

"Di mana saja bisa. Ya bisa saja itu (kewenangan) jaksa ya, di antaranya PRJ (Pekan Raya Jakarta, Kemayoran) bisa saja jadi alternatif untuk dilihat," tuturnya usai menghadiri acara pemusnahan barang bukti narkoba di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

Beberapa alternatif tempat pelaksanaan persidangan akan dipertimbangkan, mengingat lokasi Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, yang saat ini untuk sementara waktu berlokasi di Jalan Gajah Mada no 17, Gambir, Jakarta Pusat, dinilai tidak akan mencukupi untuk menampung jumlah pengunjung yang hendak menyaksikan persidangan secara langsung.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved