Pilkada DKI Jakarta

Bertemu UKM, Agus Yudhoyono Dicecar Banyak Permintaan

Silaturahmi yang dilakukan Cagub DKI Agus Yudhoyono dengan sejumlah pelaku UKM di wilayah Peninggaran, Kebayoran Lama, Selasa (6/12), berlangsung seru

Penulis: | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta periode 2017-2022, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY melaksanakan safari kampanyenya, di Jalan Bahari III A4, RT 004/001, Kelurahan Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/11). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA - Silaturahmi yang dilakukan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono dengan sejumlah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Peninggaran, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Selasa (6/12/2016) berlangsung seru.

Putra mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono itu dicecar beragam permintaan warga terkait pengembangan usaha.

Harapan pelaku Usaha itu seperti yang disampaikan oleh Lusi, pedagang di kantin SMAN 47 Jakarta.

Lusi mengeluh kepada Agus terkait permodalan usaha, sehingga usaha yang dijalaninya selama lima tahun belakangan stagnan, tidak berkembang.

"Pak Agus, modal buat usaha tolong dicairkan, selama ini susah sekali cari modal pak. Tolong solusinya, biar (warga) seperti Pak Agus, sukses," ungkapnya kepada suami Annisa Pohan itu setengah memelas.

Senada dengan Lusi, seorang pedagang mie ayam keliling, Nawi berharap Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan bantuan permodalan berupa gerobak ataupun peralatan berjualan.

Karena hingga kini, sejumlah pedagang keliling seperti dirinya sangat membutuhkan bantuan tersebut untuk meningkatkan usaha.

"Kalau (permintaan) saya sama pak, saya mau minta tolong dikasih modal untuk benerin gerobak, beli mangkok sama sendok. Soalnya memang butuh itu, tapi dari dulu sampai sekarang itu saya nggak tahu mau ngadu ke siapa, belum pernah dapet bantuan juga sampai sekarang," ungkapnya.

Belum berselang lama Nawi memaparkan keluhan, Imam pedagang ketoprak dan Aladin, berharap agar Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Agus dan Silviana Murni kelak dapat menyediakan lahan bagi pedagang yang terkena penggusuran.

"Saya dari tahun 1998 jualan baru kali ini kena penertiban. Saya tidak minta modal atau uang yang penting gerobak tetap di situ. Jaman sekarang penitipan gerobak susah, kalau ada tanah sedikit saya mau," kata Imam.

Mendengar keluhan para pelaku UKM, Agus mengaku akan memerhatikan UMKM apabila dirinya terpilih kelak.

Program bantuan dana bergulir sebesar Rp 50 juta per unit usaha pun diusungnya bagi sebanyak 20.000 pelaku UKM.

"Hadirkan kebijakan yang pro UMKM ini sejalan dnegan program saya dan Sylvi tawarkan. Kami kembangkan yang sudah ada dan membuat usaha baru. Kita harus kurangi jumlah pengangguran," ungkapnya.

Namun lanjutnya, pencairan dana nantinya akan melalui tahapan yang dilakukan secara transparan.

Selain itu, pihaknya akan meninjau dan memberikan pendampingan sehingga dana bantuan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami harap prosesnya tidak dipersulit dan dilakukan dengan baik dan tepat sasaran dan bertanggung jawab. Ini bukan bagi-bagi uang, kalau sudah sukses dikembalikan untuk bantu yang lain," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved