Hari Guru Nasional, Ahok Sejahterakan Guru Lewat Sertifikasi

Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 25 November, Ahok menyatakan guru harus bersertifikasi demi kesejahteraan guru di DKI.

Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama. 

WARTA KOTA, MENTENG - Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini, setiap tanggal 25 November, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan guru harus bersertifikasi demi kesejahteraan guru di DKI Jakarta.

"Semakin tinggi nilai sertifikasi, semakin besar tunjangan yang didapat," kata Ahok.

Ahok lontarkan pernyataan soal janjinya menyejahterakan guru, di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016) kemarin.

Gaji yang diterima guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), menurut Ahok lebih besar dibanding gaji guru sekolah swasta.

Baca: Pemotongan Sertifikasi Guru di Bekasi Diinvestigasi DPRD

Dikatakan Ahok, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, berencana menguji coba 7 SMK Negeri menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dengan demikian, guru dari sekolah swasta dapat menjadi guru di sekolah negeri.

"Kami gaji guru, waktu kami masuk ke Jakarta, rata-rata Rp 9 jutaan. Sekarang gaji guru paling rendah itu, Rp 14-15 juta. Rencana kami guru-guru harus ikut sertifikasi juga," katanya di lokasi.

Ahok menilai sertifikasi guna untuk meningkatkan kemampuan para guru di DKI. Jadi, lanjutnya, gaji besar guru harus diimbangi dengan kemampuannya.

"Jadi sama-sama...jangan cuma nuntut naik gaji gede," ucap Ahok.

Kemudian Ahok membandingkan guru dengan perawat di Rumah Sakit. Menurutnya, tingkat kepuasan akan bertambah sesuai dengan pelayanan yang ada.

Baca: Tiga Bank BUMN Salurkan Tunjangan Sertifikasi Guru

"Hasil survei terakhir, oktober, tingkat kepuasan orang di bidang kesehatan, pelayanan di Puskesmas mau pun Rumah Sakit kami, dari 85 persen tahun lalu, tahun ini naik lagi 92 persen. Nah, kenapa tinggi karena perawat, dokter, bisa ditarik dari swasta," tandasnya. (Faizal Rapsanjani)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved