Perempuan Ini Selundupkan Bibit Lobster Rp 1,6 Miliar ke Singapura

Seorang perempuan warga Negara Indonesia berinisial SNA diamankan jajaran Polresta Bandara Seokarno Hatta, Tangerang pada Selasa (23/11/2016) malam.

Perempuan Ini Selundupkan Bibit Lobster Rp 1,6 Miliar ke Singapura
Warta Kota/Andika Panduwinata
Petugas Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan rencana penyelundupan Bibit Lobster senilai Rp 1,6 Miliar ke Singapura, Kamis (24/11/2016). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Seorang perempuan warga Negara Indonesia berinisial SNA diamankan jajaran Polresta Bandara Seokarno Hatta, Tangerang pada Selasa (23/11/2016) malam.

Pelaku ditangkap lantaran dirinya mencoba menyelundupkan lobster dari Indonesia ke Singapura.

"Kami berhasil menggagalkan penyelundupan itu berawal dari kecurigaan petugas Avsec Bandara Soetta dan akhirkan mengamankan tersangka," ujar Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Herry Sumardji pada Kamis (24/11/2016).

Petugas curiga dengan gerak - gerik pelaku. Sehingga dilakukan pemeriksaan.

"Saat dicek, ada busa yang dibawanya. Setelah diperiksa lebih mendalam, ada benih lobster," ucapnya.

Ia menambahkan pihaknya mengamankan tersangka dan barang bukti berupa delapan bungkus plastik berisi benih lobster. Ternyata, dalam plastik penumpang Tiger Air itu masing-masingnya terdapat 200 ekor.

"Dia (SNA) akhirnya mengakui. Awalnya ngaku kurir saja, dia sempat bilang enggak tahu apa isinya," kata Herry.

Hasil dari inetrogasi, menurut pengakuan pelaku dirinya diperintahkan oleh kakaknya untuk menyelundupkan benih lobster tersebut. Jika dirupiahkan lebih kurang Rp1,6 miliar nilai bibit lobster yang akan diselundupkan ini.

"Tersangka mendapatkan upah Rp 5 juta sekali mengirim. Dia mengaku sudah lima kali melakukan penyelundupan," ungkapnya.

Polisi pun melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Hasilnya petugas berhasil meringkus kakak pelaku berinisial KR.

"Kakaknya mengaku sudah 20 kali mengirim ke Singapura. Semua dilakukan lewat hand carry atau tas dimasukan ke dalam kabin pesawat," papar Herry.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved