Jalan Jalan

Belaian Ombak Pantai Koka

PULAU Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan potensi alam yang luar biasa indahnya.

Belaian Ombak Pantai Koka
Warta Kota
Pantai Koka di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Flores, NTT. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di pesisir selatan Pulau Flores. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- PULAU Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan potensi alam yang luar biasa indahnya.

Dari ujung barat pulau, Labuan Bajo, wisatawan dapat menikmati pulau-pulau kecil berpenghuni satwa komodo.

Dari sana, perjalanan dapat berlanjut ke Kampung Adat Bena, kota bersejarah Ende, dan danau tiga warna Kelimutu.

Tak hanya itu, keindahan Flores bisa juga ditemukan di Pantai Koka,  Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di pesisir selatan Pulau Flores.

Pantai Koka berjarak 48 kilometer dari Maumere, ibu kota Sikka. Dari Ende, ibu kota Kabupaten Ende, pantai ini berjarak 97 kilometer. Letak pantai itu agak tersembunyi karena menjorok sekitar 1 kilometer dari Jalan Trans-Selatan Maumere-Ende.

Pasir pantainya yang bersih dan air lautnya yang jernih serta tebing-tebing karang yang memagari pantai ini terlihat memesona. Inilah yang membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang menjelajah ‘pulau bunga’ ini.

Pantai Koka menyajikan keindahan alam yang begitu lengkap. Pada satu sisi, ombaknya cukup kuat menyentak. Lokasi itu cocok untuk berselancar.

Di sisi lain, pantai yang terlindungi oleh dua bukit karang airnya lebih tenang. Tubuh terasa nyaman dimain-mainkan gelombang yang landai. Di situ pula lokasi yang pas untuk berenang dan snorkeling, menikmati keindahan dasar laut dari permukaan.

Di ujung gugusan karang tempat para remaja itu bermain, menjulang bukit karang hitam. Mendaki bukit sekitar 15 menit, kita sudah sampai ke puncaknya dan menyaksikan hamparan luas lautan di depan mata.

Tampak jelas dari atas, garis Pantai Koka yang melengkung dari timur dan barat sepanjang 1 kilometer. Dengan lengkungan yang dipisahkan oleh bukit karang, wisatawan memiliki dua pilihan pantai, timur dan barat dengan nuansa indah yang berbeda.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved