Abraham Samad: Kalau Mau Hindari Kriminalisasi, Jadilah Pimpinan KPK yang Biasa-biasa Saja

Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2011-2015 menilai, kinerja lembaga antirasuah itu sudah maksimal.

Abraham Samad: Kalau Mau Hindari Kriminalisasi, Jadilah Pimpinan KPK yang Biasa-biasa Saja
TRIBUNNEWS/ERI KOMAR SINAGA

WARTA KOTA, PALMERAH - Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2011-2015 menilai, kinerja lembaga antirasuah itu sudah maksimal.

Pernyataan tersebut disampaikan Abraham Samad ketika ditanya mengenai pendapatnya terkait kinerja KPK di bawah arahan Agus Rahardjo Cs.

"Saya lihat sudah maksimal mulai dari jilid satu, dua, tiga, itu sudah maksimal," kata Abraham Samad saat ditemui di Universitas Indonesia, Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Abraham Samad sempat mengingatkan pimpinan KPK terkait masalah perlindungan. Menurut Samad, jika pemberantasan korupsi tidak pandang bulu, maka pimpinan KPK akan berhadapan dengan kriminalisasi.

"Tapi kalau Anda mau menghindar dari kriminalisasi, Anda jadi pimpinan KPK yang biasa-biasa saja. Saya yakin teman-teman saya di KPK tidak mau biasa-biasa saja, mereka berani memberantas korupsi di Indonesia," ungkap pria asal Makassar tersebut.

Abraham Samad mengungkapkan, pimpinan KPK akan ragu-ragu dalam menindak koruptor jika takut dikriminalisasi dan tidak menyerahkan keselamatan kepada Tuhan.

"Kalau tidak, kita pasti ragu-ragu melakukan tindakan. Mungkin Anda cukup menangkap panitera Saipul Jamil. Apakah itu pemberantasan korupsi? Kan enggak. Anda harus melakukan lompatan walau konsekuensi Anda bisa dikriminalisasi," papar Samad yang tersandung masalah pemalsuan dokumen administrasi kependudukan. (*)

Penulis:
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved