Demo Ahok

Ratusan Demonstran Asal Depok Penuhi Kereta Api Menuju Jakarta

Sejumlah petugas kepolisian juga tampak memantau pergerakan massa di sana.

Ratusan Demonstran Asal Depok Penuhi Kereta Api Menuju Jakarta
WARTA KOTA/BUDI SAM LAW MALAU
Massa dari Depok yang akan berdemonstrasi ke Jakarta penuhi Stasiun KA.

WARTA KOTA, DEPOK - Peserta aksi unjuk rasa yang berjumlah ratusan orang memenuhi setidaknya tiga stasiun Kereta Api (KA) di Depok, yang dijadikan titik kumpul pergerakan massa menuju Jakarta, untuk berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, Jumat (4/11/2016).

Mereka berangkat menggunakan kereta api secara bergiliran. Pantauan Warta Kota, tiga stasiun KA yang dijadikan titik kumpul massa dari Front Pembela Islam (FPI) Kota Depok serta sejumlah LSM dan massa dari majelis taklim di Depok, adalah Stasiun KA Depok Lama, Stasiun KA Depok Baru, dan Stasiun KA Pondok Cina.

Massa tampak tertib menaiki kereta api yang tiba untuk bergerak ke Jakarta. Sebagian lainnya tak memaksakan diri jika kereta yang datang sudah penuh. Sejumlah petugas kepolisian juga tampak memantau pergerakan massa di sana. Tidak ada keriuhan yang mengganggu warga pengguna moda transportasi kereta api.

Kapolresta Depok Kombes Harry Kurniawan menuturkan, sejauh ini pergerakan sekitar 300 pengunjuk rasa dari Depok sejak Jumat pagi menuju Jakarta, berjalan tertib.

"Sejak pagi tadi massa dari Depok yang berangkat ke Jakarta lebih banyak menggunakan moda transportasi kereta api serta roda dua. Ratusan warga ini sudah bergerak melalui stasiun KA," kata Harry.

Menurutnya, pada Jumat dini hari pukul 02.30, sekitar 500 orang dari FPI Depok juga telah diberangkatkan ke Jakarta terlebih dahulu, menggunakan lima unit truk, sembilan unit mobil bak terbuka, dan 30 sepeda motor.‬ ‪Mereka berangkat dari kediaman Ustaz Agus Rahmad, Ketua FPI Depok di kawasan Bale Rombeng, Cipayung, Depok.‬

‪"Sebelumnya sudah berangkat juga 500 orang dari FPI Depok ke Istiqlal. Mereka berangkat ke sana dengan pengawalan oleh kami," jelas Harry.

Ketua LSM Kapok Kasno menuturkan, pihaknya bergabung dengan massa dari FPI pada Jumat pagi ini, untuk berangkat dari Stasiun KA Depok Lama, Stasiun KA Depok Baru, dan Stasiun KA Pondok Cina.

"Kami sepakat akan turun di Stasiun KA Gondangdia, Jakarta Pusat, lalu dari sana menuju Masjid Istiqlal untuk bergabung dengan massa lainnya dan longmarch ke Istana," terang Kasno. (*)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved