29 Atlet Atletik Ikuti Pelatnas Jelang Sea Games 2017

"Atlet senior seperti pelari Rini Budiarti, dan Maria Londa juga masuk dalam daftar, " kata Paulus.

29 Atlet Atletik Ikuti Pelatnas Jelang Sea Games 2017
Warta Kota
Atlet lompat jauh Indonesia, Maria Londa, disambut saat tiba kembali di Indonesia, Kamis (2/10/2014) 

WARTA KOTA, SENAYAN - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PP PASI) telah memanggil  29 nama atlet untuk menjalani pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) untuk menyambut Sea Games 2017 mendatang.

Ketua Bidang Pembinaan PB PASI, Paulus Lay mengatakan, nama-nama atlet yang dipanggil rata-rata merupakan atlet gaek yang sudah menorehkan banyak prestasi.

“Sebagian besar yang kami panggil untuk pelatnas adalah mereka sudah melampaui limit, dimana catatan terbaik mereka di PON sudah menyamai catatan prestasi atlet peraih perunggu di SEA Games. Ada juga yang sudah melampaui prestasi peraih emas,” ujarnya.

Paulus merinci, beberapa nama yang masuk diantaranya adalah adalah pelari maraton Agus Prayogo, atlet penolak peluru putri, Eki Febri Ekawati; atlet lompat tinggi putri, Nadia Anggraini; dan atlet jalan cepat Hendro.

"Atlet senior seperti pelari Rini Budiarti, dan Maria Londa juga masuk dalam daftar, " kata Paulus.

Paulus mengambil contoh atlet jalan  cepat, Hendro sebagai atlet yang mampu mengukir cacatan waktu terbaik di PON yang melampaui catatan terbaik di Sea Games.

"Di nomor jalan cepat jarak 10.000 meter dan 20.000 meter,  Hendro menorehkan catatan waktu 1 jam 28 menit 53 detik di PON XIX Jabar kemarin. Ini sudah melampaui rekor Sea Games yang dipegang atlet Malaysia, Harbans Singh Narinder. Harbans memegang rekor jalan cepat selama 1 jam 29 menit, 13 detik saat SEA Games 1997 lalu, " katanya.

Contoh lain, lanjut Paulus, adalah penolak peluru Eki Febri Ekawati yabg hingga kini masih memegang rekor nasional dan rekor PON.

"PON XIX Jabar kemarin, Eki berhasil melakukan tolakan sejauh 14,98 meter. Rekor baru ini sekaligus memecahkan rekor dirinya sendiri pada Taiwan Open pada Mei 2016 lalu, dimana dia mencatat tolakan sejauh 14,57 meter, " kata Paulus.

Walau demikian, Paulus mengatakan bahwa ada beberapa nama atlet junior yang juga terjaring mengikuti pelatnas jelang Sea Games 2017. Pelatnas bakal dilakukan di Jakarta, dan di Jawa Barat.

"Para atlet muda ini juga sekaligus kami persiapkan untuk Asian Games 2018 mendatang. Sekarang masih menunggu surat keputusan dari pihak Satuan Pelaksana Program Indoensia Emas (Satlak Prima) terkait nama-nama tersebut, " katanya.

Penulis: z--
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved