Pilkada DKI Jakarta

Mau Nyoblos, Warga Diwajibkan Rekam e-KTP

Namun, warga yang bersangkutan harus berupaya melakukan perekaman e-KTP.

Editor:
Faizal Rapsanjani
Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pemutakhiran Data Pemilih, Moch Sidik di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016) malam. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Faizal Rapsanjani

WARTA KOTA, PALMERAH -Tak perlu khawatir, bagi anda Warga DKI Jakarta yang tidak tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2017, masih dimungkinkan untuk menggunakan hak pilih di 15 Februari 2017 nanti.

Namun, warga yang bersangkutan harus berupaya melakukan perekaman e-KTP.

Dikatakan oleh komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Pemutakhiran Data Pemilih, Moch Sidik.

"Kalau namanya tidak terdaftar dalam DPT, dia bisa menggunakan hak pilihnya satu jam sebelum penutupan (pemungutan suara), harus menunjukkan KTP elektronik atau surat keterangan dari Dukcapil bahwa dia sudah merekam e-KTP," jelas Sidik di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016) malam.

Sidik menyarankan bagi warga yang belum merekam e-KTP dan namanya tidak tercatat dalam database kependudukan DKI Jakarta, tidak dapat dimasukkan menjadi DPT.

"Kalau tidak ada itu, persyaratan itu tidak dilengkapi, tidak dipenuhi, enggak bisa (memilih)," kata Sidik.

Adapun, hasil DPT akan ditetapkan pada 6 Desember 2016 nanti.

Dari hasil penelitian dan pencocokan (coklit) data pemilih, ada 504.610 pemilih potensial yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP).

"Dari hasil angka tersebut, mereka merupakan warga yang memang belum merekam e-KTP dan belum terkonfirmasi sudah merekam e-KTP atau belum," katanya.

KPU DKI akan menyerahkan data 504.610 orang tersebut ke Disdukcapil DKI Jakarta untuk diverifikasi kembali kebenaranya.

KPU DKI mengimbau warga yang belum merekam e-KTP atau namanya tidak tercatat dalam database kependudukan DKI Jakarta untuk segera merekam sebelum DPT ditetapkan.

Lanjut Sidik, laporan warga yang menunjukan bukti surat keterangan Disdukcapil, akan ditunggu hingga 4 Desember 2016 di KPU tingkat kota/kabupaten.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved