Pilkada DKI

Inilah 10 Program Unggulan AHY-Sylvi

Ada 10 program unggulan yang akan dilaksanakan jika AHY terpilih untuk memimpin Jakarta.

Penulis: | Editor:
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kampanye Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni 

WARTA KOTA, MENTENG - Untuk kali pertama Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaparkan program dan visi misinya saat maju menjadi pemimpin Ibukota Jakarta. Ada 10 program unggulan yang akan dilaksanakan jika AHY terpilih untuk memimpin Jakarta.

Dalam pidato politiknya, Agus memaparkan program-program yang telah disusun bersama Calon Wakil Gubernur DKI, Sylviana Murni. Yaitu dari mulai kesejahteran rakyat kecil sampai tingkat keamanan di Jakarta.

10 Program Unggulan:

1. Program pertama adalah Bantuan Langsung kepada Golongan Miskin dan Kurang Mampu. Program ini meliputi Bantuan langsung utk tingkatkan daya beli rakyat, Bantuan langsung utk balita & lansia, Penguatan jaring pengaman sosial yang lain.

Jika program ini dijalankan secara serius, kemiskinan akan jauh menurun dari 3,75 % saat ini menjadi 2,75 % 5 tahun yang akan datang. Ketimpangan juga akan menurun dari index gini 0,41 menjadi 0,35. Besaran anggaran selama 5 tahun kita tambahkan (atau on top dari anggaran yang ada) hingga Rp. 15 Triliun.

2. Program kedua adalah pengurangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja. Program ini meliputi Pelatihan kerja & kewirausahaan, Bantuan dana bergulir, Pengembangan koperasi & UMKM, Pengembangan ekonomi berbasis komunitas.

Jika program ini dijalankan secara intensif, pengangguran akan jauh menurun, dari 5,7 % saat ini menjadi 3,7 % dalam 5 tahun yang akan datang. Besaran anggaran tambahan untuk 5 tahun hingga Rp. 10 Triliun.

3. Program 3 adalah Peningkatan Pendidikan dan Kesejahteraan Guru. Program ini meliputi Peningkatan besaran KJP (Kartu Jakarta Pintar).

Jika ada berita dan desas-desus kalau Agus dan Sylvi jadi Gubernur dan Wakil Gubernur, KJP dihilangkan, itu tidak benar. Itu uang negara, itu hak rakyat. Justru insya Allah akan kita tingkatkan. Peningkatan beasiswa miskin, peningkatan beasiswa prestasi, bantuan pendidikan sekolah negeri, swasta serta Madrasah & agama lainnya, termasuk peningkatan kesejahteraan guru-gurunya. Serta mendirikan SMA Unggulan (Boarding School) gratis untuk siswa keluarga miskin.

4. Program 4 adalah Peningkatan Kesehatan. Program ini meliputi Peningkatan besaran KJS (Kartu Jakarta Sehat), Pembebasan iuran BPJS layanan kategori kelas 3, Penambahan Puskesmas & Posyandu, termasuk fasilitas rawat inap di Puskesmas, Penambahan mobil ambulans dan pengadaan motor-motor ambulans agar bisa menembus kemacetan dan memasuki gang-gang yang sempit

5. Program 5 adalah Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Investasi dan Stabilisasi Harga Program ini meliputi Investasi, termasuk utk pangan, energi dan air bersih. Pembelanjaan pemerintah Jakarta harus signifikan, karenanya penyerapan anggaran Jakarta yang sangat rendah harus diperbaiki. Menjaga daya beli rakyat. Stabilisasi harga, termasuk operasi pasar jika diperlukan. Sasaran pertumbuhan ekonomi rata-rata 5 tahun ke depan 6,7 %.

6. Program 6 adalah Peningkatan Pembangunan Infrastruktur dan Perumahan. Program ini meliputi percepatan dan penambahan infrastruktur jalan, Peningkatan prasarana perumahan rakyat, Peningkatan prasarana air bersih.

7. Program 7 adalah Menjadikan Jakarta Sebagai Kota Pintar, Kreatif dan Ramah Lingkungan ("Smart, Creative and Green City"). Program ini meliputi Penambahan transportasi publik dan manajemen lalu lintas untuk kurangi kemacetan (sejumlah hal), Pelayanan publik yang cepat, berkualitas dan murah. Aplikasi ICT utk pemerintahan, jasa, bisnis dan pendidikan. Serta, pengembangan industri kreatif dgn daya inovasi yg tinggi.

Tata ruang yang sehat, ramah lingkungan, ramah rakyat dan ramah pedagang kali lima ~ untuk PKL kuncinya adalah ditata dan diberdayakan, bukan disingkirkan dan dihilangkan. Pengelolaan sampah dan konversi ke energi listrik. Agar Jakarta makin ramah lingkungan, diperbanyak penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved