Adira Insurance Kembali Gelar IRSA, 17 Kabupaten/Kota Terpilih Jadi Finalis

Dirut Adira Insurance, Indra Baruna mengatakan IRSA lahir diawali dari banyaknya korban kecelakaan di jalan raya.

Adira Insurance Kembali Gelar IRSA, 17 Kabupaten/Kota Terpilih Jadi Finalis
KOMPAS.COM / SHUTTERSTOCK
Ilustrasi kecelakaan 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Sebanyak 17 wilayah Kabupaten dan Kota di Indonesia menjadi finalis Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016 yang digelar PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Tercatat 110 kabupaten dan kota menjadi peserta kegiatan tersebut.

Dirut Adira Insurance, Indra Baruna mengatakan IRSA lahir diawali dari banyaknya korban kecelakaan di jalan raya.

Di seluruh dunia, tak kurang dari 1,3 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan itu.

"Kita harus memulai dengan segera untuk menurunkan tingkat kecelakaan itu, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, kami menggagas IRSS sejak 2011 untuk membantu semua pihak menurunkan tingkat kecelakaan dan fatalitas," tuturnya dalam Sharing Session di Hotel Shangrilla, Kamis (20/10).

Mengutip data Korlantas Polri, terdapat peningkatan angka kecelakaan di Indonesia yaitu dari 95.906 kecelakaan pada 2014, menjadi 98.970 kecelakaan di tahun 2015. Di sisi lain, terdapat penurunan angka kematian dari 28.297 jiwa pada 2014 menjadi 26.495 jiwa di tahun 2015.

Menurut Indra, kegiatan IRSA mengambil pendekatan lebih positif yaitu dengan memberikan apresiasi dan reward bagi pemkot dan pemkab yang telah melaksanakan kelima pilar manajemen dengan baik. Kelima pilar itu telah dicanangkan PBB dan diadopsi pemerintah Indonesia.

Dari tahun ke tahun, kata Indra, jumlah peserta IRSA terus meningkat. Pada penyelenggaraan pertama IRSA di tahun 2011 lalu, tercatat 57 Kota/Kabupaten yang mendaftar.  Tahun ini, 92 Kota/Kabupaten yang mendaftar dan 18 Kota/Kabupaten yang direkomendasikan para pakar road safety.

"Dari jumlah peserta 110 Kota/Kabupaten ini, dipilih 17 Kota/Kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2016. Pemilihan finalis berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah kecelakaan, jumlah fasilitas dan data pendukung lainnya," bebernya.

Pemilihan pemenang IRSA mengacu pada atribut lima pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pascakecelakaan.

Adapun kategorisasi pemenang IRSA dibagi menjadi Kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa, Kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa, Kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa, Kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa, dan pemenang kategori khusus. Pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan akan dilakukan akhir November 2016. (chi)

Berikut 17 finalis IRSA 2016:
-Kategori Kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa: Kota Tangerang Selatan, Kota Jakarta Pusat, Kota Bogor, Kota Semarang, dan Kota Surabaya.

-Kategori Kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa: Kota Balikpapan, Kota Jambi, Kota Padang, dan Kota Denpasar

-Kategori Kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa: Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Jepara.

-Kategori Kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa: Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Bangka.

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved