Pak Tarno Beraksi di Depan Puluhan Anak Autis

"Tolong dibantu ya, sim salabim jadi apa, prok prok prok," Ungkapan khas Pak Tarno, sang master sulap tradisional itu berkali-kali diucapkannya

Pak Tarno Beraksi di Depan Puluhan Anak Autis
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pak Tarno bersama Pendiri Yayasan Imaculata Autism Boarding School, Dr Imaculata Umiyati, saat beraksi di depan puluhan anak autis di yayasan itu. 

WARTA KOTA, BEKASI -- "Tolong dibantu ya, sim salabim jadi apa, prok prok prok,"

Ungkapan khas Pak Tarno, sang master sulap tradisional itu berkali-kali diucapkannya dan akhirnya mengundang decak kagum puluhan anak-anak autis di Yayasan Imaculata Autism Boarding School di Taman Harapan Baru, Bekasi, Senin (18/10).

Suasana riuh dan penuh tawa dari anak-anak penderita autis ini pun bergemuruh. Kehadiran pria bernama asli Sutarno ini membuat suasana berbeda di yayasan yang didirikan oleh Imaculata Umiyati yang khusus ditujukan bagi anak penderita autis.

Imaculata Umiyati, mengaku sengaja mendatangkan pesulap Pak Tarno, untuk menghibur murid-murid autis di yayasannya.

Hiburan sulap ini, kata Ima, panggilan akrab Imaculata, juga menjadi salah satu terapi bagi anak autis agar tetap riles dan terhibur di tengah kegiatan belajar mereka yang padat.

"Bagi anak-anak autis hiburan rileksasi seperti ini cukup penting. Karenanya saya sengaja mendatangkan Pak Tarno sebagai kejutan untuk anak-anak kami yang semuanya penderita autis ini," kata Ima.

Menurut Ima, kehadiran Pak Tarno sanggup membuat para anak autis yang biasanya tidak mampu atau mengalami gangguan dalam komunikasi, interaksi sosial, gangguan indriawi, pola bermain dan perilaku emosi, menjadi lebih baik dalam hal komunikasi dan interaksi sosialnya.

"Dan mereka terlihat sangat terhibur sekali dengan aksi sulap Pak Tarno. Apalagi Pak Tarno membumbui aksinya dengan komedi atau kelucuan khas Pak Tarno," kata Ima.

Ima mengatakan sebelum beraksi Pak Tarno sangat ingin berkeliling di yayasan sekaligus asrama bagi anak penderita autis ini.

"Saya sempatkan ajak Pak Tarno berkeliling. Pak Tarno melihat juga proses belajar mengajar untuk siswa autis dan juga menyaksikan anak-anak autis bermain musik sampai memasak di dapur," kata Ima.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved