Breaking News:

Dipenuhi Lumpur dan Sampah, Permukaan Kali Cakung Terlihat Seperti Daratan

Selain karena banyaknya sedimen yang memenuhi permukaan kali, sampah juga tampak di permukaan kali selebar sekitar 20 meter itu.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi. Alami Sedimentasi, Kali Cakung Lama Berubah Jadi Rumah 

WARTA KOTA, CAKUNG -- Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur akhinya melakukan normalisasi terhadap Kali Cakung di Kelurahan Pulogebang, Jakarta Timur.

Sebelumnya, kondisi kali begitu memrihatinkan.

Selain karena banyaknya sedimentasi, yang memenuhi permukaan kali, sampah juga tampak di permukaan kali selebar sekitar 20 meter itu.

Bau tak sedap pun sudah terlalu mengganggu masyarakat.

Menurut keterangan seorang warga, Santo (54), sudah lama warga setempat berharap ada normalisasi Kali Ciliwung yang melintasi kawasan pemukiman mereka.

Pasalnya, selain tidak enak dipandang akibat banyaknya sampah, bau tak sedap juga mengganggu warga.

“Yang bikin tidak tahan itu baunya. Pernah dibersihkan beberapa waktu lalu, tapi hanya di sebagian kecil tempat saja,” kata warga RWO4 Kelurahan Pulogebang ditemui Warta Kota di dekat sungai, Senin (17/10).

Meskipun sekarang sungai itu tidak menyebabkan banjir akibat penurapan yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu, sebagai warga Santo ingin sungai itu dibersihkan.

“Banjir terakhir 1997, setelah itu tidak pernah lagi karena kali ini kan langsung mengalir ke Banjir Kanal Timur. Tapi permasalahan sampahnya itu, harus segera diatasi,” kata dia.

Santo mengakui, sebagian warga yang tinggal di bantaran kali juga masih perduli dengan lingkungan sekitar. “Karena warga melihat sungai sudah begitu kotor, mungkin mereka sekalian saja buang sampa di sungai. Coba kalau sungainya bersih, pasti pada segan buat buang sampah di sana,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved