Breaking News:

Puluhan Bidang Tanah di Balekambang Rawan Longsor

Kelurahan Balekambang, Condet, Jakarta Timur menjadi salah satu lokasi rawan longsong karena berbatasan langsung dengan bantaran Kali Ciliwung.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Enam rumah warga di RT 05 RW 05 Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (2/4/2016) tergerus longsor akibat hujan deras yang melanda tempat kejadian. 

WARTAKOTA, KRAMATJATI - Kelurahan Balekambang di wilayah Condet, Jakarta Timur menjadi salah satu lokasi rawan longsong di Jakarta. Hal itu disebabkan, kawasan tersebut berbatasan langsung dengan bantaran Kali Ciliwung.

Beberapa bulan lalu, enam bangunan rumah di RT05/05 longsor ketika hujan deras mengguyur kawasan itu.

"Tiga rumah yang tersisa di kawasan itu sudah tidak ada, terkena normalisasi Ciliwung," kata Sekretaris Kelurahan Balekambang Bonar Sigalingging kepada Warta Kota, Kamis (13/10/2016).

20140129 Longsor terjadi di Balekambang
Salah satu bagian rumah yang hancur akibat longsor yang terjadi akibat hujan deras pada Selasa (28/1/2014) malam di Jalan Kayu Manis, Gang Al Hidayah, RT 04/05, Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur.

Baca: Melihat Jessica Nangis, Suami Mirna Tuding Seperti ini

Saat ini, imbuhnya, beberapa bidang tanah di kawasan itu masih rawan longsor karena kontur tanah terus melemah ketika diterjang hujan maupun terkena hantaman arus Kali Ciliwung.

"Ada di wilayah RT11/02 dan RT 06/05. Kondisi tanahnya bertebing dan mepet sekali dengan Kali Ciliwung. Untuk pencegahan awal, warga secara swadaya membuat penguat tebing pakai bambu," katanya.

Aktivis betawi di Condet, Herry, menyebut saat ini masih ada beberapa bangunan rawan longsor yang berdiri tepat di tebing Kali Ciliwung.

Baca: Blunder Nusron Wahid, Kalau Ngomong Harus Pakai Otak, Jangan Pakai Dengkul

"Pelan-pelan kami akan edukasi masyarakat supaya tidak mendirikan bangunan di bibir atau tebing Ciliwung. Apalagi belum lama ini kami meluncurkan program Kampung Condet Lestari yang di dalamnya adalah soal penataan kawasan," terangnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved