Breaking News:

Koran Warta Kota

Pedagang Ikan Kelimpungan

Jadi begini loh mas, aksi mogok kerja seperti ini sebenarnya berpengaruh besar untuk kami selaku pedagang ikan di Muara Baru. Ya coba saja pikir,

Editor: Andy Pribadi
Warta Kota
Cover berita utama Harian Warta Kota Edisi Selasa 11 Oktober 2016 berjudul Pedagang Ikan Kelimpungan. 

WARTA KOTA, PENJARINGAN -- Ronny (38), seorang pedagang ikan laut, hanya bisa gigit jari sembari mengerinyitkan dahinya, kala melongok salah satu pabrik ikan yang di pagarnya tertempel spanduk bertulisan 'Kami Tutup Operasional'.

Tulisan yang sama juga tampak di pabrik-pabrik lain di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (10/10).

Dikatakan Ronny, aksi mogok kerja yang dilakukan oleh sejumlah pengusaha ikan hingga membuat pabrik tutup operasi, kemarin, berimbas pada kurangnya pasokan ikan, sepinya pembeli, dan banyaknya pedagang ikan lain tak bisa berniaga.

"Jadi begini loh mas, aksi mogok kerja seperti ini sebenarnya berpengaruh besar untuk kami selaku pedagang ikan di Muara Baru. Ya coba saja pikir, kalau pabrik pada tutup, emang hari ini pada nyetor ikan ke kami? Enggak ada. Kalau mas lihat kiriman ikannya itu masih segar, itu dari nelayan luar daerah. Kalau mas lihat ikan yang sudah membeku dari pendingin lemari, itu dari pabrik (sebelumnya)," kata Ronny di PPI Muara Baru.

Ia pun kesulitan menjalankan bisnisnya. "Saya sekarang mau jualan apa? Cuma ada dua kuintal ikan saja dari beberapa pabrik yang masih ada," ujarnya.

Pedagang ikan lainnya, Samsono (55), menuturkan hal yang sama. Hampir 30 tahun lamanya berdagang ikan, ia baru kali ini merasakan sepinya pasokan ikan dari pabrik.

"Waduh, saya dengar-dengar juga karena uang sewa lahan naik, makanya pabrik pada tutup semua. Malah nelayan ikannya ikut-ikutan pula. Bagaimana ini? Ya pusing," jelasnya.

Aksi stop operasi yang dilakukan oleh sejumlah pengusaha, nelayan, karyawan pabrik ikan, dan sejumlah pedagang ikan, berpengaruh besar terhadap penjualan ikan.

"Seandai saja ya, seminggu pabrik pada tutup, ikan pasokannya jadi minim, dan harganya pasti melejit. Akan ada krisis ikan di restoran, pasar-pasar umum dan pasar tradisional lain," ujarnya.

Kesepakatan bersama
Pantauan Warta Kota, ke­m­a­rin, seluruh sentra perikanan baik itu di pabrik maupun tempat pelelangan ikan di kawasan Muara Baru, Penjaringan, tampak sepi. Tak ada kegiatan berdagang yang dilakukan para pedagang ikan di tempat pelelangan ikan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved