Jika Tidak Ditangani Secara Tepat, Anak Autis Bisa Menderita Sakit Jiwa

"Pemahaman soal autis dan penanganannya ini yang belum banyak diketahui para orangtua dan guru di Indonesia," kata Ima sapaan akrab Imaculata

Jika Tidak Ditangani Secara Tepat, Anak Autis Bisa Menderita Sakit Jiwa
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Seminar anak autis di Komnas Anak, beberapa waktu lalu. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Imaculata Umiatati, pendiri Yayasan Imaculata Autism Boarding School yang menangani anak-anak autis secara khusus, menyebutkan saat ini terdata ada sekitar 10 ribu anak autis di Indonesia.

Sebagian besar diantara mereka, menurut Imaculata, belum ditangani secara tepat dan baik.

Untuk itu kata dia perlu adanya pemahaman yang memadai tentang anak autis yang harus dimiliki orangtua dan guru pendidikan anak usia dini (PAUD).

Termasuk dalam mendeteksi autis pada anak, secara dini.

"Pemahaman soal autis dan penanganannya ini yang belum banyak diketahui para orangtua dan guru di Indonesia," kata Ima sapaan akrab Imaculata, kepada Warta Kota, Selasa (11/10).

Karenanya Ima terus menyebarkan pemahaman ini terutama kepada para guru yang bersentuhan langsung dengan anak.

Salah satunya dengan menggelar seminar guru PAUD di Komnas Anak, Sabtu (8/10) lalu yang diik‪uti 50 guru PAUD dan mahasiswa UNJ.

"Tujuannya agar guru tidak hanya sekedar mampu mendeteksi anak autis saja, namun juga mampu menjelaskan pada orang tua bahkan juga harus mampu memberikan terapi pada anak autis," kata Ima.

Walaupun, kata dia, untuk sampai pada mampu memberikan terapi guru harus belajar lebih lanjut lagi.

Ia menuturkan ‪autisme adalah kategori ketidakmampuan yang ditandai dengan adanya gangguan dalam komunikasi, interaksi sosial, gangguan indriawi, pola bermain dan perilaku emosi. Ciri anak autis, katanya, mulai terlihat sebelum anak-anak berumur tiga tahun.‬

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved