Breaking News:

Waspada Serangan Stroke, Mendadak Jadi Cadel Merupakan Tanda Serangan dan Gejalanya

Bila ada seseorang yang awalnya berbicara normal, namun secara mendadak bicaranya cadel, maka orang tersebut terserang stroke.

Penulis: Dody Hasanuddin | Editor: Gede Moenanto
Totally Amazing
Ilustrasi stres. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Penanganan yang cepat dan tepat pada masa golden hours periode saat seseorang terserang stroke dapat menekan tingkat disabilitas.

Bahkan, dapat terhindar dari disabilitas.

Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui gejala atau tanda dan gejala bahwa seseorang terserang stroke.

Spesialis Neurologis Siloam TB Simatupang dr Peter Gunawan Ng, SpS, FAf Neurologir mengatakan, ciri-ciri seseorang terserang stroke yang harus diketahui pertama adalah bicaranya cadel atau pelo.

Bila ada seseorang yang awalnya berbicara normal, namun secara mendadak bicaranya cadel, maka orang tersebut terserang stroke.

Selain bicaranya cadel, ciri lainnya adalah wajahnya mencong atau tidak simetris dan lengannya lemas atau tidak bertenaga.

"Bila ditemui saudara atau teman yang sesuai dengan ciri-ciri itu, maka segeralah bawa ke rumah sakit besar. Atau segera menelepon ambulan," kata Peter, dalam Media Gathering bertema Golden Period in Acute Ischemic Stroke, beberapa waktu yang lalu.

dr Peter menjelaskan, faktor-faktor risiko terjadinya stroke di antaranya adalah usia.

Semakin tua seseorang, risiko serangan stroke semakin tinggi.

Kemudian, tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi. Selanjutnya Sleep Apneu atau mendengkur, obesitas atau kegemukan dan gangguan irama jantung. Gangguan irama jantung yakni atrial fibrilosis berisiko lima kali lebih besar untuk terjadi stroke. Faktor lainny kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved