Jangan Tanggung-tanggung Rehab Rusunawa Marunda!

Beberapa penghuni meminta agar proyek rehabilitasi Rusun Marunda dilaksanakan tidak tanggung-tanggung.

Jangan Tanggung-tanggung Rehab Rusunawa Marunda!
Warta Kota/Panji Bhaskara Ramadhan
Kondisi terkini Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (23/7/2016), yang terlihat mulai kumuh. 

WARTA KOTA, MARUNDA-Pemprov DKI kini tengah merehabilitasi Cluster A, B, dan C Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, dan akan rampung akhir Desember 2016 mendatang. Beberapa penghuni meminta pemerintah agar proyek rehab tersebut dilakukan tidak tanggung-tanggung.

"Saya justru bersyukur karena pada akhirnya pemerintah melakukan rehab terhadap beberapa unit, sekaligus gedungnya Rusunawa Marunda. Ya kalau dibiarkan, ini rusun lama-lama rubuh pak. Banyak lumutnya karena instalasi saluran pembuangan airnya ini banyak yang bocor, dan cat temboknya sudah mulai pudar. Bagus kalau pemerintah geraknya cepat diperbaiki. Asalkan perbaikkannya ini jangan nanggung. Langsung total, jangan sepotong-sepotong lah," Ungkap salah seorang warga di Lantai I Cluster C Blok 1, Mumainah (40), Minggu (2/10/2016)

Mumainah menjelaskan, kondisi terkini Rusun Marunda terbilang membaik. Bahkan, pekerja bangunan mulai melakukan pengecatan tembok dan perbaikan instalasi air.

"Saya lihat sih memang para pekerjanya sedang sibuk memperbaiki instalasi talang air hujan itu. Banyak yang sudah lapuk, lalu tembok-tembok yang sudah retak juga sudah diatasi. Tolong kalau ini selesai direhab, dicek lagi. Itu kamar mandi warga juga dicek lagi saluran pembuangannya. Takut ada yang masih merembes," jelas Maimunah.

Penghuni Rusunawa Marunda lainnya, yakni Anton (55), menanggapi hal yang sama. Anton menerangkan, unitnya yang berlokasi di Lantai II Cluster C Blok I pada bagian temboknya merembes air yang keluar dari sisi instalasi pembuangan.

"Jadinya tembok saya berlumut, kalau dicat lagi ya enggak bisa. Lumutnya sudah tebal. Baguslah kalau gedung rusunawanya direhab cepat. Sebab, kalau enggak buru-buru direhab ya apa jadinya, sepertinya terlihat kumuh ya. Kalau begini kan rada bagusan. Sekalian cat temboknya yang warna-warni. Dengar-dengar mau dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), itu justru semakin nyaman dan baik buat anak-anak. Selain itu, pihak dari Unit Pengelola (UP) Rusunawa Marunda, coba cek ulang lagi rehabnya, siapa tahu ada bagian yang tidak ikut terehab," paparnya.

Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved