Diterpa Isu Miring, KSP Pandawa Makin Kokoh

KSP Pandawa telah berhasil menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di aula Hotel Sawangan Golf and Resort, Depok, yang dibuka Sabtu (1/10) hingga Minggu

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP Pandawa Mandiri Group di Aula Hotel Sawangan Golf. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Beredarnya isu miring atas tata kelola dan model bisnis yang dikembangkan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group, beberapa bulan belakangan ini, nyatanya tidak membuat Koperasi yang berkantor di Jalan Meruyung, Depok ini hancur.

Justru hal itu membuat manajamen dan struktur KSP Pandawa makin kokoh. Bahkan KSP Pandawa telah berhasil menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di aula Hotel Sawangan Golf and Resort, Depok, yang dibuka Sabtu (1/10) hingga Minggu (2/10).

Sebelumnya KSP Pandawa gagal menggelar RAT, Maret 2016 lalu. Sebab jumlah anggota yang hadir tidak sampai batas kuorom yakni 50 persen plus satu.

Kuasa Hukum KSP Pandawa Mandiri Group, Andi Syamsul Bahri, menuturkan karena gagal RAT itulah, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI), menginstruksikan KSP Pandawa menggelar RAT tahun ini secepatnya.

Sebab RAT merupakan forum tertinggi koperasi, dan sesuai aturan wajib digelar rutin setiap tahun oleh setiap badan koperasi.

"Kami akhirnya berhasil gelar RAT tahun ini. Jumlah anggota yang hadir sudah melebihi batas kuorom, sehingga RAT sah digelar," kata Syamsul kepada Warta Kota, Minggu (2/10/2016).

Menurutnya dari 230 anggota KSP Pandawa yang didominasi pelaku usaha kecil menengah, tercatat hadir 138 anggota. Ini berarti sudah melebihi batas kuorom yakni kehadiran 116 anggota.

"Anggota koperasi kami sebagian besar adalah pelaku UKM, mulai dari pedagang bakso, pedagang pecel lele, tukang bubur sampai pedagang baju," katanya.

Syamsul mengatakan dengan RAT yang dilakukan KSP Pandawa menandakan bahwa koperasi ini makin eksis dan tudingan sejumlah pihak bahwa koperasi ini melanggar aturan dan perundangan, serta tak diterima masyarakat Depok adalah salah besar.

Bahkan kata dia RAT dibuka oleh Asisten Deputi Keanggotaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI), Salekan.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved