Demo Buruh

Buruh Sepakat Tak Kumpul Bundaran HI

Sebanyak 15.000 - 20.000 buruh bakal berdemo pada Kamis (29/9). Titik demo adalah di Balaikota DKI, Istana Presiden, Mahkamah Konstitusi, dan MA

Buruh Sepakat Tak Kumpul Bundaran HI
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ribuan buruh se Jabodetabek berjalan menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (1/9). 

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Sebanyak 15.000 - 20.000 buruh bakal berdemo pada Kamis (29/9). Polda Metro Jaya pun mengadakan rapat dengan perwakilan buruh sebelum demo dimulai, Selasa (27/9).

Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Suntana, mengatakan, para buruh sudah sepakat atas saran polisi bahwa Bundaran HI tak akan dijadikan lokasi berkumpul.

"Jadi tak ada buruh yang akan berkumpul di bundaran hi nantinya," kata Suntana kepada wartawan, termasuk Wartakotalive.com, Selasa (27/9).

Sementara Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Muhammad Rusdi, mengatakan, pihaknya memilih untuk menjadi IRTI Monas dan Patung Kuda sebagai titik kumpul massa buruh.

Sedangkan titik demo adalah di Balaikota DKI Jakarta, Istana Presiden, Mahkamah Konstitusi, dan Mahkamah Agung.

Massa akan mulai berkumpul pukul 08.00 sampai pukul 18.00. Titik-titik demo itu akan didatangi satu per satu oleh massa buruh dan melakukan orasi disana.

"Kami pastikan ini demo damai," kata Rusdi usai Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana berbicara.

Demo nanti akan menuntut terkait kenaikan upah minimum sebesar Rp 650.000. Lalu penolakan terhadap tax amnesty dan menolah upah murah karena menurunkan daya beli. Kemudian meminta pula agar upah minimum dihitung ulang berdasarkan upah hidup layak, yakni inflasi dan kebutuhan hidup layak.(ote)

LIKE FANPAGE FACEBOOK: wartakotalive 

FOLLOW TWITTER : @wartakotalive

FOLLOW INSTAGRAM : @wartakotalive

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved