Breaking News:

Musim Haji 2016

Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air, 140 Orang Wafat

Sebanyak 393 jemaah haji kloter pertama tiba di Tanah Air pada Minggu (18/9/2016).

WARTA KOTA, TANGERANG - Sebanyak 393 jemaah haji kloter pertama tiba di Tanah Air pada Minggu (18/9/2016).

Berdasarkan data Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci sebanyak 140 orang.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengungkapkan masih ada juga jemaah yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan petugas yang terus melakukan pendampingan.

"Kami menyampaikan belasungkawa kepada para jemaah haji yang wafat di Tanah Suci," ujar Nila Moeloek pada Minggu (18/9/2016).

Kepulangan para jamaah haji ke Indonesia ini pun terut didampingi lima petugas dari Kemenkes dan Kemenag. Mereka menumpangi pesawat Garuda GA-7561 tiba di Jakarta.

"Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan memohon maaf jika masih ada beberapa kekurangan," ucapnya.

Nila mengingatkan kepada para jamaah untuk memperhatikan hal-hal penting. Jemaah diharapkan tetap menyimpan Buku Kesehatan Jemaah Haji (BKJH) yang di dalamnya terdapat Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH) dan mengembalikan kepada petugas kesehatan di Puskesmas dalam 14 hari setelah sampai di rumah.

"Jika ada masalah kesehatan, terutama demam batuk pilek segera menghubungi petugas kesehatan," katanya.

Ia menambahkan para jamaah juga terus menerapkan dan meningkatkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari - hari dengan makan makanan bergizi untuk memulihkan stamina selepas perjalanan panjang.

"Istirahat yang cukup, teratur olahraga dan aktivitas fisik. Perlu periksa kesehatan serta minum obat sesuai anjuran dokter," ungkap Nila.

Pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dalam berhaji sehat dan selamat ini penting untuk disampaikan kepada keluarga serta orang - orang di sekitar. Para jamaah pun patut bersyukur bahwa pelaksanaan haji kloter pertama ini berjalan dengan lancar.

"Kami juga ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pembimbing ibadah, dokter, dan perawat yang menyertai jamaah haji," paparnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved