Breaking News:

Terminal Pulogebang Batal Diambil Alih Kemenhub

Saat ini pihaknya tengah mencari format yang sesuai bagaimana pengelolaan Terminal Pulogebang kedepannya.

Warta Kota/Adhy Kelana
Terminal bus terpadu sentra timur Pulo Gebang, Jakarta Timur kondisi fisiknya telah rampung, namun untuk pengoperasionalannya belum. 

WARTA KOTA, PANCORAN -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Terminal Pulogebang tidak jadi diambil alih oleh pemerintah pusat sebagaimana rencana Menhub sebelumnya Iganisus Jonan.

Diketahui, Jonan saat itu, berencana akan mengambil alih pengelolaan 104 terminal tipe A di seluruh Indonesia secara bertahap mulai tahun 2016 ini.

Namun kata Budi Karya terdapat pengecualian untuk terminal Pulogebang di Jakarta. Pemda Jakarta, menurut Budi, dianggap mampu mengelola terminal secara mandiri.

"Jadi di undang-undang jelas, tetapi yang harus diubah, adalah bagaimana pelayanan bisa terjadi, kalau Jakarta jelas bahwa ada UU yang mengecualikan DKI bisa mengelola sendiri," kata Budi Karya di Pameran Transportasi dan Infrastruktur Indonesia 2016 di Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016).

Budi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari format yang sesuai bagaimana pengelolaan Terminal Pulogebang kedepannya.

"Kita sedang mencari format yang penting dari semua kegiatan ini," kata mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini.

Meskipun pengelolaan diserahkan ke Pemprov DKI, Kemenhub tidak sepenuhnya lepas tangan, nantinya, kata Budi, pihak Kemenhub akan terus berkoordinasi dan melakukan pengawasan.

"Konsepnya demikian, kita sebagai regulator, kita akan berkolaborasi dengan Pemda, untuk melakukan pengelolaan bukan semata memiliki atau menguasai lebih banyak, tapi bagaimana kita melayani dengan baik secara bersama," kata Budi.

Selain Terminal Pulogebang, menurut Budi, Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, kemungkinan pengelolaannya akan diserahkan ke Pemda setempat. (Acep Nazmudin)

Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved