Pemkot Bekasi Adakan Sayembara Desain Pasar dan Reklame

Dinas Tata Kota (Distako) Bekasi mengadakan sayembara untuk menata reklame di Jalan Ahmad Yani dan Kawasan Pasar Proyek, Bekasi Timur.

Pemkot Bekasi Adakan Sayembara Desain Pasar dan Reklame
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Suasana Pasar Proyek di Jalan Ir. Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pasar tersebut akan ditata lewat sayembara yang diadakan Pemerintah Kota Bekasi dari tanggal 12 September sampai 27 Oktober 2016. 

WARTA KOTA, BEKASI -- Dinas Tata Kota (Distako) Bekasi mengadakan sayembara untuk menata reklame di Jalan Ahmad Yani dan Kawasan Pasar Proyek, Bekasi Timur.

Sayembara yang menghabiskan dana sebesar Rp 500 juta ini akan berakhir hingga 27 Oktober 2016.

Kepala Seksi Penatagunaan Lahan pada Distako Bekasi, Johan Budi Gunawan mengatakan, sayembara berlaku selama 45 hari dari tanggal 12 September sampai 27 Oktober.

Menurutnya, sayembara ini berlaku untuk masyarakat umum dan peserta bisa mengakses informasinya lewat situs resmi Pemerintah Kota Bekasi, yaitu bekasikota.go.id.

"Bila ditotal biaya sayembara ini hampir Rp 500 juta, karena terbagi untuk dua sayembara. Pertama sayembara desain fasad (bangunan) Pasar Proyek Rp 210 juta dan kedua sayembara reklame Rp 274 juta," kata Johan pada Senin (12/9).

Johan mengungkapkan, dana sebanyak itu akan dialokasikan untuk pemenang sayembara, honor juri serta instansi lainnya seperti konsultan dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kota Bekasi. Namun untuk pemenang dalam sayembara desain fasad akan diberikan uang sebesar Rp 197 juta, sedangkan hadiah desain reklame Rp 45 juta.

Johan mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan IAI Kota Bekasi karena jaringan masyarakat yang berkecimpung dalam bidang pembangunan lebih luas. Dia berharap, agar IAI Kota Bekasi bisa meneruskan informasi ini ke anggotanya di organisasi.

"Tapi kami minta agar peserta tidak melibatkan bendera (perusahaan) tempat dia bekerja, karena beberapa yang ikut mungkin dari kalangan advertising (periklanan) dan arsitek," jelas Johan.

Selain menggandeng IAI Kota Bekasi dan konsultan, kata dia, instansinya juga melibatkan budayawan untuk mengakomodasi karakter budaya sebagai ciri khas daerah Kota Bekasi.

Soalnya, sayembara ini diharapkan agar penataan reklame dan Kawasan Pasar Proyek bisa menonjolkan budaya Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved