Lembaga Amil Zakat Al Azhar Salurkan 10.000 Hewan Qurban

Khusus pengumpulan di komplek Al Azhar Jakarta, menurut Agus, hewan yang terkumpul hingga Minggu sudah mencapai 1000 ekor.

Lembaga Amil Zakat Al Azhar Salurkan 10.000 Hewan Qurban
Warta Kota/Feryanto Hadi
Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar pada moment Hari Raya Idul Adha kali ini menyalurkan lebih dari 10 ribu hewan qurban ke berbagai wilayah di Indonesia. Pengumpulan hewan kurban ini dilakukan di 150 kampus Al Azhar yang tersebar di banyak kota. 

WARTA KOTA, KEBAYORANBARU - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar pada moment Hari Raya Idul Adha kali ini menyalurkan lebih dari 10 ribu hewan qurban ke berbagai wilayah di Indonesia. Pengumpulan hewan kurban ini dilakukan di 150 kampus Al Azhar yang tersebar di banyak kota.

“Jaringan kami ada di banyak kota di Indonesia. Dan Alhamdulillah, sampai saat ini sudah lebih dari 10 ribu hewan terkumpul dari masyarakat,” kata Agus Nafi selaku Head of Division Program LAZ Al Azhar ditemui Warta Kota di komplek kampus Al Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Minggu (11/9).

Khusus pengumpulan di komplek Al Azhar Jakarta, menurut Agus, hewan yang terkumpul hingga Minggu sudah mencapai 1000 ekor.

Hewan qurban terdiri dari kambing, domba dan sapi. Hewan-hewan itu diambil dari beberapa peternakan hasil binaan LAZ Al Azhar di beberapa kota, seperti Bogor, Banyumas, Wonogiri, Magelang, Kediri hingga wilayah Nusa Tenggara Timur.

Ada tiga pilihan bagi masyarakat yang ingin berkurban melalui LAZ Al Azhar yakni hewan disembelih di Masjid Raya Al Azhar, disembelih di daerah-daerah terpencil atau daerah pasca-musibah dan pilihan ketiga adalah Qurban Home Delivery.

Menurut Agus, pihaknya selalu memperhatikan hal-hal penting dalam melaksanakan amanah ibadah qurban dari masyarakat, yakni dengan mematuhi fiqih muamalah dan fiqih qurban

“Dalam fiqih muamalah, terkait dengan akad jual beli maupun wakalah oleh para pihak bermuamalah, haruslah memenuhi syarat-syarat sahnya akad sehingga terhindar dari unsure MAGHRIB (maysir, gharar, haram, riba). Misalnya, terkait dengan wujud dan spesifikasi hewan ternak, baik jenis hewannya, kondisi fisiknya, bobotnya, harganya, teknis pengiriman hewan dan sebagainya. Itu harus jelas dan disepakati bersama,” jelasnya.

“Kemudian, terkait fiqih qurban, tatacara penyembelihan qurban harus sesuai aturan yang dicontohkan Rasulullah SAW. Mulai dari niat, detil tentang umur dan kesehatan hewan, tata cara atau adab, waktu dan tempat penyembelihan sampai distribusi dagingnya, mestilah diikuti untuk meraih fadhilah dan keberkahan qurban. Dan ada lebih dari 100 relawan terlatih kami yang InsyaAllah akan melaksanakan semua itu.”

Buka stan

Di Jakarta, LAZ AL Azhar membuka beberapa stan di beberapa pusat belanja/mal demi memudahkan masyarakat yang ingin menyalurkan hewan qurban. Selain itu, di depan Masjid Raya Al Azhar, Kebayoran Baru, sebuah stan berukuran cukup besar sudah berdiri sejak beberapa hari lalu. Di sana, masyarakat bisa memilih hewan qurban melalui foto-foto yang disertai data lengkap hewan tersebut, seperti usia, bobot dan kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved