Breaking News:

Mantan Tentara Ini Jago Bikin Pupuk

Andi Undru Mario menemukan formula membuat pupuk yang dinamainya Pupuk Super Tani Indonesia.

Warta Kota/Dody Hasanuddin
Andi Undru Mario, S.Sos, ahli membuat pupuk karena menemukan formulanya. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pengalaman merupakan guru yang terbaik. Pepatah itulah yang membuat Andi Undru Mario, S.Sos ingin mendedikasikan dirinya untuk kampung halamannya.

Sulitnya para petani di kampung halamannya di Sulawesi Selatan mendapatkan pupuk membuat purnawirawan berpangkat kapten Cpl itu membuat pupuk.

Andi Undru Mario menemukan formula membuat pupuk yang dinamainya Pupuk Super Tani Indonesia.

Dari hasil uji coba sekian tahun ternyata racikan pupuknya itu mampu membuat tanaman padi meningkatkan produksinya. Kemampuan pupuk itu dapat mengurangi biaya produksi petani dan sekaligus meningkatkan pendapatan petani secara signifikan.

Melihat hasil pupuknya cemerlang, Andi Undru Mario memberikan karya ciptanya itu secara gratis kepada para petani. Namun Andi juga mengkomersilkannya.

"Alhamdulillah, kemarin saya dari Jambi. Di sana saya bertemu dengan beberapa pejabat pemerintah setempat dan memperkenalkan pupuk itu. Sambutan mereka sangat luar biasa," kata mantan prajurit. TNI Angkatan Darat Kodam VII Wirabuana, di Jakarta, Jumat (9/9).

Menurut Andi Undru, masyarakat petani, terutama yang bermukim di Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, dan Sidrap, sudah merasakan manfaat serta keunggulan dari pupuk Super Tani Indonesia hasil racikannya.

Tak sedikit kalangan petani di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, juga banyak yang menggunakan produk pupuk tersebut untuk meningkatkan hasil produksi tani mereka.

“Melalui produk pupuk ini, saya terpanggil untuk menciptakan program kemandirian dan ketahanan pangan. Dengan tersedianya kebutuhan pangan, maka rakyat akan sejahtera. Kuncinya adalah menghidupkan lahan persawahan produktif dengan mendukung bangkitnya pertanian di Indonesia,” ujar Andi yang saat masih berkarir di militer dipercaya sebagai ketua sosialisasi program ketahanan pangan yang dicanangkan Markas Besar TNI AD untuk wilayah Sulawesi.

Mantan anggota kesatuan Detasemen Perlengkapan Kendari, Sulawesi Kendari, itu berharap melalui pupuk Super Tani Indonesia pertanian Indonesia dapat bangkit dan berjaya.

Terlebih Kementerian Pertanian memasukkan pupuk ini sebagai produksi terbaik kategori pupuk an-organik pada 2009. Pupuk ini pun diklaimnya sudah didistribusikan ke luar daerah, dan diekspor ke berbagai negara.

“Saya juga sering membagikan pupuk ini secara gratis karena melihat sering sekali petani kita kekurangan pupuk. Kadangpula pupuknya datang terlambat. Sebesar apapun usaha yang dilakukan oleh petani, kalau pupuk langka atau lambat, susah juga bagi mereka untuk meningkatkan hasil pertaniannya,” tandas penerima penghargaan dari Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Tahun 2015 sebagai Penemu Pupuk Super Tani, ini.

Andi yang ikut meramaikan calon Bupati Wajo pada Pilkada 2018 ini menambahkan, dirinya siap membangun Wajo dengan mengratiskan pupuk selama 5 tahun jika ia kelak terpilih. (dod)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved