Depok Gelar Imunisasi Anak Sekolah sampai November

BIAS diberikan pada anak Sekolah Dasar Negeri maupun swasta dan sederajat mulai kelas 1 hingga kelas 3.

Depok Gelar Imunisasi Anak Sekolah sampai November
Antaranews.com
Ilusrasi 

WARTA KOTA, DEPOK -- Mengacu pada gerakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) secara nasional sejak Agustus lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar BIAS sampai November mendatang.

BIAS diberikan pada anak Sekolah Dasar Negeri maupun swasta dan sederajat mulai kelas 1 hingga kelas 3.

Bagi anak kelas 1 diberikan vaksin campak pada bulan September. Lalu vaksin difteri diberikan bagi anak kelas 1 juga sampai November dan vaksin tetanus bagi anak kelas 2 dan 3 di bulan November.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PPL) Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina, Senin (5/9).

Menurutnya tujuan BIAS adalah memberikan perlindungan jangka panjang bagi anak terhadap penyakit campak, difteri, dan tetanus.

Dari data yang ada kata Rani, ada 569 SD baik negeri dan swasta yang disasar.

Dimana jumlahnya adalah sebanyak 24.324 siswa untuk anak kelas 1, 36.720 siswa untuk kelas 2 dan juga 36.720 untuk siswa kelas 3.

Menurut Rani, bagi siswa yang ketika bayi sudah mendapatkan vaksin campak, maka imunisasi BIAS ini berguna sebagai booster atau pemberian kekebalan tambahan bagi anak.

"Karena menurut penelitian, semakin bertambah usia anak, maka kekebalan yang sudah didapat pada imunisasi dasar waktu bayi mulai menurun sehingga perlu diberikan kekebalan kembali. Jika tidak dilakukan ulang, lama kelamaan kekebalannya bisa habis," kata Rani.

Rani menjelaskan pada usia sekolah, anak-anak mulai berinteraksi dengan lingkungan baru dan bertemu dengan lebih banyak orang.

"Sehingga beresiko tertular atau menularkan penyakit. Jadi kekebalan tubuh belum sempurna jika anak baru diberikan imunisasi dasar saja atau imunisasi bayi, sehingga perlu dilengkapi dengan imunisasi ulang atau yang disebut dengan booster," kata Rani.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved