Breaking News:

Musim Haji 2016

Endri Lega Sudah Tiba di Tanah Air

Endri (48) berdiri mematung di depan Common Use Lounge Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (4/8/2016).

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Jemaah calon haji korban penipuan tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Filipina, Minggu (4/9/2016). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Endri (48) berdiri mematung di depan Common Use Lounge Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (4/8/2016).

Sesekali, pria warga Tanjung Priok, Jakarta Utara itu menghela napas panjang. Wajahnya nampak tenang. Lega. "Alhamdulillah, akhirnya pulang juga ke rumah," ujarnya pelan.

Endri adalah salah satu dari 177 jamaah calon haji yang sempat ditahan di Manila, Filipina lantaran ketahuan menggunakan paspor palsu. Berada hampir tiga
pekan berada di Manila dan diperlakukan sebagai tahanan jelas merupakan pengalaman pahit baginya.

"Di sana masuk sel beberapa hari kami, seminggu kalau tidak salah, mas. Benar-benar tidak enak, " kata Endri yang mengenakan topi hitam dan polo shirt putih itu.

Endri pun mengaku sangat bersyukur saat pihak KBRI turun tangan membantu mereka untuk pulang ke rumah.

"Tapi nggak semuanya bisa pulang. Ada sembilan orang yang masih diperiksa di Filipina. Mereka yang bisa memberikan keterangan kepada pemerintah Filipina," katanya.

Endri pun mengapresiasi sikap lapang dada sembilan jamaah calon haji yang masih ada di Filipina. "Kalau mereka tidak diperiksa sebagai saksi di sana, kami nggak bisa pulang, " katanya.

Endri menceritakan, ia mengambil tawaran berangkat haji tersebut lantaran penawaran berangkatnya yang lebih cepat.

"Karena kalau saya pakai jalur reguler, mungkin bisa 17 sampai 20 tahun ke depan baru saya bisa berangkat, karena kan ngantri. Saya berangkat ini karena dapat penawaran berangkat lebih cepat. Ya saya ambil, " katanya.

Endri mengatakan, ia harus merogoh kocek sebesar Rp 140 juta untuk bisa berangkat. Namun saat ditanya nama orang yang menawarinya, Endri enggan memberi tahu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved