Kenalkan Kelapa Sawit Lewat Dongeng

"Ayo siapa yang tahu, gampang kok, dia (produk-red) bisa dimakan, biasa juga dipakai ibu untuk buat kue, warnanya kuning, apa ayo?," ungkapnya

Kenalkan Kelapa Sawit Lewat Dongeng
Warta Kota/Dwi Rizki
Sejumlah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Menteng, Jakarta Pusat ketika Iman Surahman atau akrab disapa Kak Iman, Pendongeng dari Rumah Dongeng Ceria bercerita soal produk Kelapa Sawit selain minyak goreng. 

WARTA KOTA, MENTENG -- Siapa yang tidak mengenal kelapa sawit, tanaman yang termasuk dalam keluarga palma itu memiliki banyak manfaat, mulai dari minyak goreng hingga bahan dasar pembuatan kosmetik.

Namun, pengetahuan dasar tersebut belum seluruh diketahui masyarakat, khususnya anak-anak, padahal mereka selalu bersentuhan dengan minyak sawit setiap saat.

Gelengan kepala dan tanda bingung terlihat ditunjukkan oleh sebagian besar siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Menteng, Jakarta Pusat ketika Iman Surahman atau akrab disapa Kak Iman, Pendongeng dari Rumah Dongeng Ceria mengajukan pertanyaan soal produk Kelapa Sawit selain minyak goreng.

Ratusan siswa yang duduk bersila di ruang serbaguna sekolah terlihat terdiam dan saling bertanya kepada teman di sebelahnya.

Beberapa siswa yang menunjuk tangan dan mencoba menjawab dinilai Kak Iman belum tepat, karena produk yang disampaikan berupa gorengan ataupun sejumlah merek minyak goreng.

Tanda tanya pun semakin besar saat Kak Iman menyebutkan sedikit kata kunci produk kelapa sawit, diantaranya dapat diminum dan dimakan, bentuknya bisa padat ataupun cair.

"Ayo siapa yang tahu, gampang kok, dia (produk-red) bisa dimakan, biasa juga dipakai ibu untuk buat kue, warnanya kuning, apa ayo?," ungkapnya sembari bercanda.

Walau telah diberikan kata kunci, anak-anak mengaku tidak tahu dan terlihat bersautan meminta agar Kak Iman memberitahukan jawaban.

Karena tidak ada yang bisa menjawab ditambah dengan waktu yang sudah habis, Kak Iman pun menyebutkan jika kelapa sawit dapat dibuat menjadi mentega.

"Sawit itu luar biasa, mulai dari daunnya bisa dipakai untuk makanan sapi dan buahnya bisa digunakan untuk buat apa saja, mulai dari minyak goreng, menteng, susu, ice cream, body lotion, roti, lipstik dan sabun. Nah kalau pohonnya sudah tidak produktif, batangnya bisa buat rumah atau dipotong-potong jadi arang bakar," ungkapnya disertai teriakan anak-anak tanda setuju.

Usai menyampaikan pengetahuan dasar tentang pohon sawit, Kak Iman pun melanjutkan acara dengan membacakan dongeng tentang kelapa sawit yang memiliki banyak kegunaan.

Tujuannya agar anak-anak dapat mengetahui bentuk fisik kelapa sawit hingga produk yang dapat dihasilkan.

"Dongeng ini bercerita tentang pohon sawit yang tidak bagus bentuknya tetapi banyak kegunaannya. Hal ini yang mau kami sampaikan kepada anak-anak,, karena kebanyakan anak-anak hanya tahu kelapa sawit hanya untuk buat minyak goreng, padahal sabun, lipstik sampai ice cream yang mereka makan ternyata juga berasal dari minyak sawit.

Acara bertajuk 'Jelajah Dunia Sawit Bersama Anak Indonesia' yang digelar atas kerjasama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Kementerian Keuangan Republik Indonesia itu rencananya akan digelar di sejumlah sekolah di seluruh Nusantara. Tujuannya untuk mengenalkan manfaat kelapa sawit kepada anak-anak. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved