Artis Ibukota Bayar Pajak PBB di Kantor Walikota Jaksel

Setidaknya ada 300 wajib pajak yang diundang di acara tersebut. Termasuk beberapa artis yang membayarkan pajak PBB mereka.

Warta Kota/Bintang Pradewo
Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi bersama aparat Sudin Pelayanan Pajak Jakarta Selatan dan sejumlah artis ibukota saat sesi foto bersama, Rabu (24/8). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Menjelang jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada 31 Agustus 2016, Suku Dinas Pelayanan Pajak Jakarta Selatan baru berhasil menerealisasikan penerimaan pajak sebesar Rp 1,18 triliun atau 52 persen.

Sehingga, pihak Suku Dinas Pelayanan Pajak Jakarta Selatan akan terus mengenjot penerimaan pajak untuk mencapai target Rp 2,28 triliun.

Selain melakukan jemput bola dengan memanggil para wajib pajak, pihak Sudin Pelayanan Pajak Jakarta Selatan juga melaksanakan Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di ruang pola kantor Walikota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/8) pagi.

Setidaknya ada 300 wajib pajak yang diundang di acara tersebut. Termasuk beberapa artis yang membayarkan pajak PBB mereka.

"Targer PBB-P2 Jakarta Selatan tahun 2016 yaitu Rpn 2,28 triliun atau 32 persen dari target PBB-P2 DKI Jakarta. Saat ini realisasi penerimaan baru Rp, 1,18 persen," ucap Kepala Suku Dinas Pelayanan Pajak Jakarta Selatan, Johari, Rabu (24/8).

Kekurangan 48 persen penerimaan pajak PBB-P2, kata dia, akan dilakukan pemberian surat himbauan, teguran sampai penyegelan terhadap wajib pajak. Selain itu, pihaknya akan bekerjasama dengan instansi lain seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan.

"Pemberian fasilitas dan penghapusan denda sudah dahulu kita berikan. Seperti PBB dibawah Rp 1 miliar sudah tidak ada," ucapnya.

Membangun Infrastruktur

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan kontribusi PBB Jakarta Selatan merupakan terbesar jika dibandingkan dengan wilayah lainnya. Untuk itu perlu dukungan dan kerja sama dari segenap wajib pajak, untuk segera melunasi pembayaran PBB yang menjadi kewajibannya sebelum jatuh tempo.

"Sesuai komitmen Gubernur bahwa APBD yang kita miliki kita khususkan untuk membangun insfrastruktur Rusun juga memberbaiki kesehatan dan sekolah," kata Tri Kurniadi.

Terlihat beberapa artis yang melakukan pembayaran pajak. Seperti Ingrit Widjanarko, Dokter Boyke, Indy Rahmawati dan Rina Hasyim. Mereka saat ini lega telah membayarkan pajak. Karena fasilitas yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sangat bagus.

Seperti adanya Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang berada di setiap kelurahan. Namun, disisi lain, di wilayah Jakarta Selatan masih kerap tergenang air dan kemacetan yang luar biasa.

"Jalanan sih sudah dibenerin dan diaspal. Tapi hanya sampai klinik. Sedangkan parkiran untuk mobil pasien tidak. Sehingga, kalau hujan masih becek," tutur Dokter Boyke.

Perlu diketahui, hingga saat ini per 23 Agustus 2016 realisasi penerimaan PBB-P2 baru Rp 1,18 trilyun (52%) dari rencana penerimaan sebesar 2,28 Trilyun, yang berarti masih ada kekurangan sebesar Rp. 1,1 trilyun atau 48% lagi.(bin)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved