Sudin Dukcakpil Jaksel Antisipasi Minimnya Blanko E-KTP

Minimnya persediaan blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik tak membuat Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan gusar

kontan.co.id
Pembuatan e-KTP di Kelurahan. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Minimnya persediaan blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) tak membuat Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan gusar.

Ada metode untuk mengantisipasi minimnya pendistribusian blanko dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta. Dimana, pembuatan E-KTP bagi warga yang sangat membutuhkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan, Sapto Wibowo, Senin (22/8).

Dia mengatakan saat ini warga yang wajib memiliki E-KTP di Jakarta Selatan ada 1,5 juta orang.

Berdasarkan validasi dari Kementerian Dalam Negeri, setidaknya ada 29.000 warga yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Ada tiga fakto yang mempengaruhi, sepertin tidak berada di lokasi rumah, di luar kota karena keperluan pendidikan dan pekerjaan, serta banyak warga Lanjut Usia (Lansia) yang sakit.

Terbukti permintaan perekaman E-KTP warga Lansia di Sudin Dukcakpil Jakarta Selatan ada 5 permintaan per hari.

"Kondisi saat ini memang blanko terbatas jadi harus diatur ritmenya. Sifatnya bagi warga yang sangat urgent (penting-red) kita percepat. Seperti untuk kebutuhan pembuatan kartu kesehatan (BPJS) atau KJP," kata Sapto.

Selain itu, bagi warga yang tidak mempunyai kebutuhan khusus akan diatur waktunya. Karena dalam pencetakan E-KTP membutuhkan waktu 14 hari.

Apalagi, saat ini sudah ada 67 mesin E-KTP yang tersebar di kantor Kelurahan serta Kantor Sudin Dukcakpil Jakarta Selatan sejak Juni 2016 lalu.

"Karena blanko terbatas, kita distribusikannya ke setiap 10 kecamatan dulu," ucapnya.

Menurutnya, setiap hari Dinas Dukcakpil DKI Jakarta mendistribusikan blanko di Jakarta Selatan sebanyak rata-rata 912 per hari. Sedangkan kebutuhan blanko di Jakarta Selatan ada 1.300 per hari.

"Jadi memang masih sangat kirang. Maka kita atur penyaluran blanko di Kecamatan atau Kelurahan," tuturnya.

Dia pun optimis, pada akhir tahun 2016, pencetakan E-KTP seluruh warga Jakarta Selatan akan berhasil dilaksanakan. Apalagi, Kementerian Dalam Negeri menargetkan September 2016, warga harus melakukan perekaman E-KTP.(bin)

Data E-KTP di Jakarta Selatan per tanggal 19 Agustus 2016:
Permohonan: 178.717
Sudah Cetak: 168.147
Belum Cetak: 5.570

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved