Breaking News:

HUT Kemerdekaan

Warga Balekambang Upacara Bendera di Istana Rakyat Condet

Para peserta upacara mengenakan kostum unik. Seperti memakai kostum ala kepresidenan, TNI, Polri, serta beberapa baju adat Betawi.

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Warga Balekambang dengan seragam uniknya usai menggelar upacara Bendera di Istana Rakyat Condet, di Jalan Kwini, Balekambang, Condet, Jakarta Timur, Rabu (17/8/2016) lalu. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Momentum perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71, sebanyak 71 warga Balekambang beserta komunitas yang ada di Condet, menggelar upacara bendera di Istana Rakyat Condet, di Jalan Kwini, Balekambang, Condet, Jakarta Timur, Rabu (17/8) lalu.

Upacara bendera dimulai pukul 09.45. Hadir dalam kesempatan itu, Lurah Balekambang Mintarsih, dan tokoh masyarakat setempat.

Para peserta upacara mengenakan kostum unik. Seperti memakai kostum ala kepresidenan, TNI, Polri, serta beberapa baju adat Betawi.

Sudarmanto Leles, salah satu tokoh masyarakat setempat mengatakan, upacara bendera dalam rangka merayakan HUT RI ke-71 ini, sekaligus sebagai ajang kumpul para komunitas yang ada di Condet, dan bertujuan untuk memberitahukan bahwa kebudayaan menjadi salah satu peninggalan yang harus dijaga dan terus dilestarikan.

Selain itu, dalam perayaan ini sebanyak 12 RT dan Pemuda Karang Taruna juga turut ikut serta untuk membangkitkan rasa nasionalisme antarsesama.

"Warga yang ikut dalam acara perayaan ini ada sebanyak 71 orang. Alasannya karena negara Indonesia berulang tahun yang ke-71 tahun dan ini untuk membangkitkan rasa nasionalisme," katanya.

Selain itu, Sudarmanto pun mendesak pemerintah dapat melihat para warga yang tinggal di Condet agar dapat didukung untuk maju bersama.

"Condet seperti terpinggirkan oleh pemerintah, dan Kali Ciliwung diharapkan bisa untuk dijadikan sarana outbound yang dapat menjadikan daya tarik sendiri terhadap kampung Condet," katanya.

Sementara itu, Lurah Balekambang, Mintarsih, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi acara yang diadakan oleh para warga beserta komunitas yang ada di Balekambang, Condet Jakarta Timur.

"Ini baru pertama kali digelar. Dengan upacara ini, kita bisa mendekatkan diri dengan masyarakat dan memahami makna kemerdekaan," katanya.

"Selain itu, ini kan seperti miniatur budaya yang harus dijaga dan terus dilestarikan, karena ini unik sekali,"katanya.

Mintarsih pun berharap, dengan perayaan HUT RI ke-71 ini agar negara ini bisa lebih maju lagi dari segi pembangunan serta kepedulian terhadap masyarakat.

"Harus lebih baik lagi lah pokoknya. Pemerintah harus bisa melihat para warga yang ada di sini," katanya.

Dalam kesempatan itu, selepas upacara para warga Balaikambang melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda hari jadi HUT RI ke-71 dengan tema 'Kerja Nyata'. (ign)

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved