Dikembangkan, Daya Tampung Bandara Silangit Bakal Jadi 100 Ribu Penumpang Per Tahun

Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara diproyeksikan dapat menampung 100.000 penumpang per tahun setelah pengembangan.

Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Banu Adikara
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, MEDAN -- Bandar Udara atau Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara diproyeksikan dapat menampung 100.000 penumpang per tahun setelah pengembangan terminal bandara resmi rampung pada 2017 mendatang.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara Angkasa Pura II, Ituk Herarindri mengatakan, Terminal Utama Bandara Silangit akan diperbesar untuk menambah daya tampung penumpang dari 35 ribu saat ini, menjadi 100 ribu penumpang.

"Tapi, saat ini dalam satu bulan penumpang melalui Bandara Silangit mencapai 15 ribu penumpang," kata Ituk di Bandara Silangit, Jumat (19/8/2016).

Bukan hanya terminal, mulai tahun depan, kata Ituk, akan dikerjakan penebalan dan perpanjangan runway. Saat ini runway yang ada sepanjang 2400 x 30 meter akan diperpanjang menjadi 2650 x 45 meter.

Setelah diperpanjang, Bandara Silangit nantinya bisa didarati oleh pesawat lebih besar seperti Boeing 737-800. Saat ini baru type 737-500 milik Sriwijaya Air pesawat terbesar yang mendarat di Bandara yang beralamat di Simpang Muara No 1 Pariksabungan, Siborong-borong, Tapanuli Utara ini.

Makanya prioritas utama akan diperpanjang dan dilebarkan runwaynya," kata Ituk.

Menurut Ituk, proses pelebaran runway akan selesai pada bulan Maret 2016. Sementara perpanjangan akan selesai pada bulan Juli 2017.

Dengan memperpanjang dan memperlebar runway maka bisa menampung 4 pesawat sekelas 737. Saat ini sudah ada 4 maskapai yang telah masuk ke Bandara Silangit yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air dan Susi Air.

Dalam pengembangannya, kata Ituk, desain bandara akan mengedepankan kearifan lokal, sehingga meskipun tampilannya modern, namun tetap terasa sentuhan ciri khas sebagai bandara yang mengedepankan budaya lokal.

Sementara General Manager Bandara Kualanamu Iwan Krishadianto mengatakan total investasi yang digelontorkan untuk pengembangan Bandara Silangit mencapai Rp200 miliar.

Dengan rincian pengembangan terminal sekitar Rp16 miliar, overlay Rp41,5 miliar, dan perpanjangan runway  Rp130 miliar.

"Anggaran seluruhnya dari PT Angkasa Pura II," kata dia. (M7)

Ket foto: Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara Angkasa Pura II, Ituk Herarindri memaparkan rencana pengembangan Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (19/8/2016). (Acep Nazmudin)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved