Breaking News:

Pentas Wayang Meriahkan Halal Hihalal dan Pengukuhan Pengurus Baru Pakari

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk memeriahkan rangkaian acara halal bihalal dan Pengukuhan Pengurus baru Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari).

Pentas Wayang Meriahkan Halal Hihalal dan Pengukuhan Pengurus Baru Pakari
Pengurus Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari) yang baru terpilih.

WARTA KOTA, CIPAYUNG-Pagelaran wayang kulit semalam suntuk, turut memeriahkan rangkaian acara halal bihalal dan pengukuhan pengurus baru Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari) di areal Plaza KTT Non Blok, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Wayang kulit bersama dalang Ki Sambowo A.H, malam itu mengusung lakon 'Alap Alap Pringgondani'.

Leles Sudarmanto, Ketua Pakari periode 2016-2021 mengatakan suguhan wayang kulit dalam helatan ini bentuk nyata Pakari ikut serta mengawal kelestariaan seni budaya tradisional.

"Wayang salah satu cagar budaya dunia yang harus terus di lestarikan karena di dalamnya banyak filosofi kehidupan yang bisa di teladani sebagai pelajaran hidup," kata Leles, Kamis (11/8/2016).

Dan terkait arah Pakari di era kepemimpinannya, menurut Leles sejalan dengan tema acara yang diusung, yakni acara mengusung 'Meneguhkan Peran Pakari Dalam Rangka Sesarengan Mbangun Wonogiri'.

"Dari tema bahwa warga perantau Wonogiri ingin bersama-sama bersinergi dengan pemkot ikut serta membangun kampung halaman Wonogiri," katanya.

"Karena saat ini di beberapa wilayah di Wonogiri masih terjadi kelangkaan air bersih hingga membangun universitas," kata Leles yang dalam waktu dekat akan membentuk Koperasi Genta Wonogiri (Gerakan Cinta Wonogiri).

Dalam kesempatan itu turut hadir juga, Ketua Dewan Pembina Pakari, Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo,
Koesdarminto mewakili Gubernur Jawa Tengah, Sri Hartini, Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, hadir juga Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dalam kapasitasnya sebagai pemerhati seni budaya,
beserta istrinya Lindasari Agum Gumelar yang juga mantan Menteri Peranan Wanita dan Perlindungan Anak era Kabinet Indonesia Bersatu II.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved