Tips Kesehatan

Generasi Internet Ternyata Kurang Suka Hubungan Intim

Internet dan kemudahan media sosial ternyata tak membuat generasi milenial berhubungan seks lebih sering dibandingkan generasi sebelumnya.

Generasi Internet Ternyata Kurang Suka Hubungan Intim
Shutterstock
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH— Studi baru menemukan hal yang mengejutkan. Internet dan kemudahan media sosial ternyata tak membuat generasi milenial berhubungan seks lebih sering dibandingkan generasi sebelumnya.

"Ada salah persepsi mengenai generasi milenial memiliki budaya hubungan singkat semalam dipicu oleh generasi itu sendiri yang tak pilih-pilih dan dapat mengiklankan diri di media sosial," kata kepala peneliti Jean Twenge, peneliti psikologi dari San Diego State University California.

"Tetapi budaya aplikasi kencan itu tak mewakili segmen besar dari populasi generasi itu," imbuhnya.

Kenyataannya, milenial yang lahir di dekade 90-an ternyata dua kali tak aktif secara seksual dibandingkan generasi X yang lahir di akhir 60-an. Demikian laporan Twenge dan para koleganya di the Archives of Sexual Behavior.

Penelitian itu menemukan lima belas persen dewasa muda usia 20-24 melaporkan tak berhubungan seks sampai berusia 18, dibandingkan dengan enam persen dari generasi sebelumnya.

Riset sebelumnya juga menemukan bahwa mereka yang lahir pada 1980-an sampai 2000 memiliki pasangan seksual lebih sedikit dibandingkan Generasi X atau baby boomer.

Generasi satu-satunya yang menunjukkan ketidakaktifan seks lebih tinggi dalam analisis itu dilahirkan pada 1920-an.

Untuk melihat perubahan tiap generasi dalam aktivitas seksual, periset meneliti data survei dari sampel perwakilan nasional yang terdiri lebih dari 26.000 orang dewasa.

Satu pembatasan studi itu adalah survei tidak menanyakan aktivitas seksual secara spesifik sehingga tak mungkin menentukan bagaimana peserta survei menerjemahkan pertanyaan apakah mereka aktif secara seksual.

Namun penelitian itu menemukan, generasi milenium mungkin mengalami kondisi unik yang dikombinasikan membuat mereka kurang berhubungan seks di usia 20-an, simpul peneliti.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved