Pemilukada DKI Jakarta

Dorongan Akar Rumput Jaklovers Risma Maju, Tanggapan Warga Surabaya Masih Pro dan Kontra

Hingga saat ini, rencana tersebut masih menuai pro dan kontra apakah setuju atau tidak dengan rencana itu.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Gede Moenanto
Kompas.com
Risma for Jakarta. 

WARTAKOTA, CIPAYUNG -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disebut-sebut akan diusung untuk maju menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada DKI 2017 mendatang.

Namun, hingga saat ini, rencana tersebut masih menuai pro dan kontra apakah setuju atau tidak dengan rencana itu.

"Pro dan kontra memang belakangan muncul. Tapi belum tahu juga lebih banyak yang mendukung atau menolak Risma maju pilkada," kata Ketua Aliansi Pemuda Surabaya-Jakarta, Imam Budi Utomo, saat bertemu dengan kelompok Jakarta Love Risma (Jaklovers), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (6/8/2016).



Namun demikian Imam menyatakan, pihaknya ikhlas apabila kader PDI Perjuangan tersebut maju di Pilkada DKI 2017 mendatang jika memang hal itu adalah yang terbaik bagi ibukota. Ia beralasan Jakarta merupakan cerminan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga warga Surabaya seperti dirinya perlu mendukung Risma menjadi orang nomor satu di Jakarta.

"Saya secara pribadi, mengikhlaskan kalau memang Bu Risma bisa memberikan yang lebih baik di Jakarta," ungkap Imam.

Selanjutnya usai pertemuan dan kembali ke Surabaya, hasilnya akan disampaikan ke seluruh warga Surabaya melalui forum-forum pertemuan. Namun demikian ia tidak memungkiri apabila gerakan aliansinya tersebut belum dibicarakan dengan Risma. "Sampai detik ini kan Bu Risma belum berikan jawaban (ikut Pilkada DKI atau tidak)," sambungnya.

Sementara itu salah seorang warga Surabaya yang juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut, Mulyano (54) mengaku dirinya tidak rela pemimpinnya tersebut ikut Pilkada DKI mendatang. Pasalnya ia beralasan untuk mencari pemimpin yang sepadan seperti Risma tidak lah mudah.

"Sebenarnya kami keberatan, tapi karena ini tidak hanya untuk Jakarta tapi untuk bangsa juga, kita relakan. Yang sama kayak Bu Risma enggak ada, tapi kalau calon (pengganti) banyak," ujar Ketua RW 03 Wonokusumo, Surabaya itu.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved