Kopi Beracun

Manager Cafe Olivier Dicecar Hakim 'Susu atau Es Dulu Nih'

Standar Operasional Prosedur pembuatan es kopi Vietnam yang sempat diperdebatkan oleh Hakim Ketua Kisworo dengan Barista Cafe Olivier

Manager Cafe Olivier Dicecar Hakim 'Susu atau Es Dulu Nih'
Rangga Baskoro
Suasana sidang ke-8 kasus kopi sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali bergulir dengan menghadirkan enam saksi yang semuanya merupakan pegawai Kafe Olivier, Rabu (27/7). 

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Rekonstruksi yang digelar Majelis Hakim dalam kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (27/7) mengungkap sejumlah fakta baru.

Fakta tersebut diantaranya, Standar Operasional Prosedur (SOP) pembuatan es kopi Vietnam yang sempat diperdebatkan oleh Hakim Ketua Kisworo dengan Barista Cafe Olivier, Rangga pada persidangan sebelumnya.

Meluruskan keraguan tersebut, Manager Cafe Olivier, Devi menyampaikan jika pembuatan kopi khas Vietnam itu sangat fleksibel, tata cara pembuatannya disesuaikan dengan Barista.

"Tidak masalah kalau susu dulu atau es dulu, standar prosedurnya itu fleksibel, biasanya itu tergantung yang bikin (barista-red), Karena kita bukan kantor atau tentara, standar operasional kita tidak baku," ungkapnya.

Namun, keterangan Devi rupanya tidak memuaskan Kisworo ataupun hakim anggota lainnya, Devi kembali dicecar sejumlah pertanyaan lantaran dinilai tidak konsisten dalam menjawab pertanyaan.

"Kamu harus konsisten, pembuatan kopi ini ada SOP-nya atau tidak. Ini mana yang benar, Agus Triyono bilang susu dulu baru es, Rangga bilang es dulu baru susu, nah kamu malah bilang bikinnya suka-suka yang bikin aja (barista-red). Jadi mana yang benar," tegas Kisworo.

Walau tidak puas dengan jawaban Devi, keterangan Devi akhirnya dicatat oleh Majelis Hakim dan dijadikan pertimbangan.

Kisworo pun melanjutkan pertanyaan lainnya seperti siapa yang mengamankan kopi dan siapa saja yang mencicipi kopi sesaat diamankan.

Muntah

Menjawab pertanyaan Kisworo, Devi menyampaikan usai Mirna mengalami kejang dan dievakuasi pihaknya ke klinik Mal Grand Indonesia, kopi yang sebelumnya diminum Mirna dikatakannya segera diamankan pihaknya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved