Operasi Tangkap Tangan

JPU Pertanyakan Ulah Ketua DPRD DKI Kongkalikong sama Pengembang, Prasetio Tak Berkutik

Saudara kan, Ketua DPRD DKI Jakarta, apa etis untuk pembahasan Raperda, kemudian, menelepon seorang pengembang?

Editor: Gede Moenanto
Wartakotalive.com/Mohamad Yusuf
Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengaku punya hubungan dekat dengan Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma (Aguan) dan sering melakukan konsultasi terkait tata ruang.

Mengetahui hal tersebut, salah satu Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan kepada dirinya terkait kedekatan tersebut pada saat persidangan dengan terdakwa Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja.

“Saudara kan ketua DPRD DKI, apa etis saudara untuk hal-hal pembahasan Raperda, kemudian menelpon seorang pengembang, yang saudara tahu bahwa pengembang ini yang akan mengerjakan proyek itu,” tanya Ali Fikri kepada Prasetio saat persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/7/2016).

Prasetio menjawab bahwa dirinya dalam kesempatan tersebut hanya berkonsultasi kepada Aguan sebagai orang yang dikenal dekat olehnya.

“Ya saya bertanya aja pak, karena jujur, saya tidak mengerti masalah tata ruang. Saya bertanya kepada yang mengerti dan kebetulan kenal dekat dengan Pak Aguan,” kata Prasetio.

Jaksa Ali lalu mempertanyakannya sekali lagi kepada Prasetio.

“Haruskah ditanyakan ke Pak Aguan? Saudara kompromi apa konsultasi?” tanya Ali.

“Konsultasi, karena saya merasa Raperda ini saya nanti yang akan tandatangani, karena itu saya harus mengerti,” ujar Prasetio.

Prasetio diketahui pernah menjadi salah satu karyawan Aguan.

Dirinya mengaku sering mengunjunginya dalam rangka silaturahmi tanpa ada perbincangan yang membahas masalah Raperda Zonasi dan Tata Ruang untuk pembangunan pulau-pulau di pantai utara Jakarta. (Rangga Baskoro)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved