Hari Pertama Sekolah

Menteri Anies pun Ajak Orangtua Antar Anak ke Sekolah

"Besok hari pertama sekolah ya, Bu? Anaknya diantar ya, ketemu dengan gurunya," kata Anies saat menyapa seorang ibu-ibu.

Menteri Anies pun Ajak Orangtua Antar Anak ke Sekolah
Nibras Nada Nailufar
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di bundaran Patung Kuda, Minggu (17/7/2016), mengingatkan warga untuk mengantar anak mereka di hari pertama sekolah. 

WARTA KOTA, GAMBIR -- .Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengelilingi kawasan car free day di bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu (17/7) pagi ini.

Dia menyapa warga, dari anak-anak hingga orangtua, dan mengingatkan mereka untuk mengantar anak di hari pertama sekolah besok.

"Besok hari pertama sekolah ya, Bu? Anaknya diantar ya, ketemu dengan gurunya," kata Anies saat menyapa seorang ibu-ibu.

"Iya Pak siap saya antar," kata ibu itu.

Anies yang menyapa satu-satu orangtua, juga menginformasikan ke mereka jika terjadi hal yang menyimpang seperti perpeloncoan, agar melapor ke hotline Kemendikbud.

Anies bahkan turut berbincang dengan anggota polisi yang mengawalnya, Iptu Sri Widodo, agar anaknya diantar oleh salah satu orangtua.

"Siap Pak pasti saya antar," kata Sri Widodo.

Puluhan warga yang melihat kerumunan Anies pun selalu mengajak salaman dan berfoto.

Anies mengatakan bahwa ia memang tidak mewajibkan, namun sangat menganjurkan orangtua mengantar hingga ruang kelas. Utamanya agar terjalin komunikasi antara guru dengan orangtua.

"Pendidikan itu kolaborasi antara pendidik di rumah dan pendidik di sekolah. Kolaborasi hanya bisa terjadi jika ada komunikasi. Karena itu kita memulai komunikasi di hari pertama," kata Anies. (Kompas.com)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved