Breaking News:

Sinema

Ayushita Perankan Adik Kandung Tokoh Kartini

Karirnya dalam berakting di beberapa film, membuat Hanung Bramantyo memilih Ayushita Nugraha (27) untuk bergabung dan berakting di film 'Kartini'.

Editor: Hertanto Soebijoto
Arie Puji Waluyo
Ayushita 

WARTA KOTA, THAMRIN - Kariernya dalam berakting di beberapa film sebelumnya, membuat Hanung Bramantyo memilih Pemain film dan penyanyi Ayushita Nugraha (27) untuk bergabung dan berakting di film 'Kartini'.

Ayu --panggilan Ayushita-- mengaku ia adalah artis atau pemain yang terakhir untuk menjalani casting, dalam pencarian karakter 'Kardinah' yakni adik kandung Kartini yang ia perankan saat ini.

"Aku cast terakhir yang masuk disini. Proses castingnya itu disuruh coba peranin ada beberapa scene begitu," kata Ayu saat ditemui dalam acara syukuran dan press confrence film 'Kartini' di Djakarta Teater, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

Usai terpilih menjadi 'Kardinah' melalui casting, ketika melakukan reading personil grup vokal 'BBB' ini harus terbiasa menggunakan kain adat jawa selagi mendalami karakter dalam proses reading.

"Selama proses reading, blocking memang pakai kain, membiasakan pakai kain dan harus terbiasa pakai kain sendiri," ucapnya.

Selain harus terbiasa menggunakan kain, pemain film 'Me vs High Heels' dan 'Bukan Bintang Biasa' ini harus melatih bahasa dan logat jawa yang sangat halus.

Karena Kartini keturunan dari Jawa ningrat, Ayu harus terbiasa menggunakan bahasa Jawa dan logat yang baik dan kalem, agar perannya lebih mumpuni dan dapat dipercayai oleh penonton.

"Berdasarkan reading, kita kan ada coch dari Jawa untuk belajar kultur Jawa. Misal aku ada basic jawa, tapi bahasa kromo inggil itu bagaimana digunakan di tahun segitu seperti apa," ujarnya.

Karena pemain film 'Gila Jiwa' dan '3 Dara' ini hidup di dunia modern, maka tata bahasa dan logat nya dalam berbahasa Jawa harus diasah agar terlihat real ketika berperan dalam sosok 'Kardinah'.

"Anak muda jaman sekarang kan lebih kreatif ya membuat bahasa, jauh dari bahasa bicara jaman dulu. Riset bagaimana ngobrol di jaman itu di dalam keluarga, kan mereka ningrat," tuturnya.

Sosok 'Kardinah' dan 'Roekmini' merupakan saudara kandung yang membantu Kartini untuk mewujudkan cita-citanya. Semua Cita-cita Kartini tidak akan terwujud kalau tidak ada bantuan dari mereka.

Legacy Pictures akan menggarap film yang mengangkat tokoh dan bahkan pahlawan Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Film 'Kartini' sendiri akan rillis pada 21 April 2017, bertepatan dengan perayaan hari raya Kartini setiap tahunnya.

Demi melahirkan film biopik yang apik, pemilihan film 'Kartini' tidak main-main. Film yang diproduseri oleh Robert Ronny ini menarik artis-artis papan atas Indonesia, yang sudah mulai melakukan shooting pada Juli 2015, yang mengambil tempat atau setting di Jakarta dan Yogyakarta.

Seperti Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Ayushita Nugroho, Acha Septriasa, Denny Sumargo, Christin Hakim, Nova Eliza, Dwi Sasono, dan Djenar Maesa Ayu. (Arie Puji Waluyo)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved