Pedagang Pakaian Seragam Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru Kebanjiran Pembeli

Sejumlah orangtua murid mulai menyerbu pedagang seragam sekolah dan alat tulis di Pasar Jatinegara, Balimester, Jakarta Timur.

Pedagang Pakaian Seragam Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru Kebanjiran Pembeli
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pedagang pakaian seragam diserbu pembeli di Jatinegara. 

WARTA KOTA, JATINEGARA -- Sejumlah orangtua murid mulai menyerbu pedagang pakaian seragam sekolah dan alat tulis di Pasar Jatinegara, Balimester, Jakarta Timur, Kamis (14/7/2016) jelang tahun ajaran baru.

Hal itu dikarenakan, Senin (18/7/2016) pekan depan, anak-anak mereka kembali bersekolah seperti biasa.

Pantauan di lokasi, sejumlah toko seragam sekolah di Pasar Jatinegara, Balimester dipadati orangtua yang turut serta membawa anaknya. Selain sergam sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA yang menjadi incaran, para pembeli juga mencari alat tulis untuk diborong.

Salah seorang pembeli, Marni (34) mengatakan dirinya sengaja membeli kebutuhan anaknya sekolah yang masih SD seperti seragam dan buku tulis, sekarang ini. Pasalnya tidak lama lagi anaknya akan masuk sekolah.

"Kalau enggak sekarang kapan lagi, nanti keburu ramai. Ini aja udah ramai, jadi harus berdesak-desakan," katanya.

Pembeli lainnya, Sri (37) mengaku harga seragam SD yang harus dibeli saat ini cukup mahal hingga Rp 100 ribu untuk satu stel. Namun demi memenuhi kebutuhan anaknya sekolah, ia pun rela membelinya. "Tapi karena kebutuhan anak sekolah, ya harus beli. Namanya orangtua pasti ingin seragam anaknya yang bagus," katanya.

Sementara itu salah seorang pedagang, Jamal (47) mengatakan keramaian para pembeli seragam sekolah sudah terjadi sejak satu minggu lalu. Ia memperkirakan penjualan seragam akan terus meningkat hingga Sabtu dan Minggu mendatang mengingat Senin pekan depan sudah mulai masuk sekolah.

"Biasanya per hari cuma menjual 100 potong, sekarang bisa 250 potong. Kemungkinan kalau akhir pekan besok bisa sampai 300 potong per hari," katanya seraya enggan mengungkapkan berapa omset per hari yang didapatnya.

Harga seragam sekolah yang dijualnya bervariasi tergantung ukuran seperti misalnya untuk seragam SD berkisar Rp 75 ribu hingga Rp 120 ribu per pasang (baju dan celana). Sementara untuk seragam SMP berkisar Rp 140-175 ribu per stel. Adapun untuk seragam SMA berkisar Rp 180-220 ribu per stel.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved