Breaking News:

Hari Pertama Masuk Kerja, Ada 12 PNS di Jaktim Dipergoki Bolos, Tanpa Alasan

Yuddy menemukan sebanyak 12 Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang tidak masuk kerja alias bolos tanpa alasan.

Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Para PNS diketahui membolos dari pekerjaan mereka, meski libur sudah berlalu. 

WARTA KOTA, CAKUNG -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi melakukan inspeksi mendadak ke kantor Wali Kota Jakarta Timur, Senin (11/7/2016).

Hasilnya, Yuddy menemukan sebanyak 12 Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang tidak masuk kerja alias bolos tanpa alasan yang jelas.

Yuddy menuturkan, pihaknya menemukan ada 30 PNS di wilayah Jakarta Timur yang tidak masuk kerja pada hari pertama, usai Lebaran.

Jumlah tersebut terdiri dari 8 orang mengikuti pendidikan, 8 orang sakit, 2 orang ijin dan 12 orang lainnya absen tanpa keterangan.

"Jumlah kehadiran pegawai di Jakarta Timur cukup tinggi mencapai 97,6 persen dan hanya 2,4 persen saja yang absen. Nanti, ada 12 orang yang tidak masuk akan dicek apakah mereka ini terlambat atau memang tidak masuk bekerja," ucapnya.

Yuddy menuturkan pegawai yang cuti pada tahun ini jumlahnya menurun drastis. Hal ini sejalan dengan himbauan yang telah diumumkan sebelumnya untuk tidak mengambil cuti saat libur Lebaran tahun ini.

"Sesuai dengan himbauan agar tidak cuti, sebagian besar tepatnya lebih dari 90 persen pegawai tidak ada yang mengambil cuti. Dibandingkan tahun lalu yang rata-rata 30 persen pegawai yang mengambil cuti saat Lebaran, sekarang ini lebih baik," ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan pihaknya akan memberikan teguran kepada para PNS yang terbukti tidak masuk bekerja pada hari pertama usai Lebaran. Sanksi akan diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan yang bersangkutan.

"Kita akan cek dulu apakah yang bersangkutan tidak masuk atau hanya terlambat. Jika ternyata ditemukan pelanggaran, tentunya akan diberikan sanksi mulai dari teguran hingga tidak memperoleh TKD (Tunjangan Kerja Daerah) selama satu bulan,"

Sekadar informasi, jumlah PNS di wilayah Jakarta Timur ada sebanyak 16.489 orang dimana 10.264 orang di antaranya merupakan guru dan sisanya yakni 6.225 orang pegawai nonguru.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved