Di Musim Libur Lebaran, Pengunjung Kota Tua Membludak, Sehari Mencapai 13.454 Orang

Lebaran ini jumlah pengunjung di lokasi kaya akan sejarah itu masuk ke dalam rekor baru. Baru kali ini Kota Tua disesaki hingga sekitar 13.454 orang.

Di Musim Libur Lebaran, Pengunjung Kota Tua Membludak, Sehari Mencapai 13.454 Orang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Lebaran ini jumlah pengunjung di lokasi kaya akan sejarah itu masuk ke dalam rekor baru. Baru kali ini Kota Tua disesaki hingga sekitar 13.454 pengunjung, dalam satu hari. 

WARTA KOTA, TAMANSARI -- Memasuki H + 4 Lebaran di sejumlah tempat wisata masih dipadati para pengunjung.

Begitu pun kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat.

Bahkan, selama liburan Lebaran ini, jumlah pengunjung membludak di lokasi kaya akan sejarah itu masuk ke dalam rekor baru. Baru kali ini Kota Tua disesaki hingga sekitar 13.454 pengunjung, dalam satu hari.

"Pada hari ini puncaknya, total jumlah pengunjung ada 13.454 orang dan merupakan angka paling tertinggi," ujar Kepala UPT Kota Tua, Norviadi kepada Warta Kota pada Sabtu (9/7/2016).

Ia merinci dari 13.454 pengunjung tersebut terbagi dari beberapa kalangan. Ada kalangan dewasa sebanyak 8.021 orang, remaja 100 orang, mahasiswa 614 orang, pelajar 4.639 orang, dan anak - anak 80 pengunjung.

"Dengan membeludaknya pengunjung selama liburan Lebaran ini kami terapkan sistem buka tutup," ucapnya.

Novriadi mengungkapkan pada hari kemarin Jumat (8/7/2016) saja terdapat 9.400 orang yang mengisi liburan di Kota Tua. Kawasan ini terbuka untuk publik dan berbagai kalangan masyarakat.

"Dapat dikatakan peningkatan 3 kali lipat pengunjung dalam liburan Lebaran pada tahun ini," katanya.

Sampah Mencapai Lima Kali Lipat

Selain dipadati pengunjung, kawasan Kota Tua juga dipenuhi sampah. Banyak sampah - sampah yang berserakan di lokasi tersebut.

"Ya memang kami akui sampah bertambah banyak dari banyaknya pengunjung ini. Sampai 5 kali lipat jumlah sampah yang dihasilkan saat weekend liburan Lebaran," ungkap Norviadi.

Ia pun tak bisa memastikan berapa volume sampah yang terhitung selama liburan panjang tersebut. Pihaknya masih terkendala fasilitas dan sarana guna membersihkan Kota Tua dari maraknya sampah yang berserakan itu.

"Kalau ngitung berapa ton sampahnya itu memang agak sulit. Biasanya kami gunakan 1 truk sampah untuk mengangkut. Ini kekurangan armada dan diperlukan 3 truk sampah besar dalam liburan Lebaran ini," katanya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved