Breaking News:

Ramadan 2016

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok Intensifkan Ramp Check

Kepala Terminal Bus Tanjung Priok terus mengintensifkan inspeksi seluruh bus tujuan kota, provinsi jarak jauh, maupun yang baru tiba di terminal.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Panji Bhaskara Ramadhan
Terminal Bus Tanjung Priok 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK - Kepala Terminal Bus Tanjung Priok, Hilmansyah, menjelaskan pihaknya terus mengintensifkan ramp check atau inspeksi kendaraan terhadap seluruh armada transportasi bus tujuan kota, provinsi jarak jauh, maupun angkutan yang baru tiba di terminal bus tersebut.

"Kami sudah melakukan ramp check sejak H-12, hingga nanti pada H+10 lebaran ke seluruh armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Itu pun juga berlaku bagi bus jarak dekat dan jarak sedang yang berangkat di wilayah Jakarta Utara," terangnya, Senin (27/6/2016).

Menurut Hilmansyah, pengintensifkan ramp check ke seluruh armada bus terutama yang jarak jauh, sudah dilakukan dari 13 Juni hingga 24 Juni 2016.

Hasilnya, jelas Hilmansyah, sekitar 25 persen kendaraan lulus dari pemeriksaan.

"Sedangkan sisanya, lulus dengan catatan harus memperbaiki sejumlah perlengkapan berkendara. Titik pemeriksaan utama bagi seluruh bus antara lain pengecekan sistem rem (termasuk rem tangan), fungsi speedometer, cek ada tidaknya keretakan kaca, kondisi ban, dan lain-lainnya," katanya.

Ia melanjutkan, "Di Terminal Bus Tanjung Priok kita tujuannya 60 persen jarak pendek, 30 persen jarak sedang, dan 10 persen adalah jarak jauh. Meski demikian, Kami kita tetap melakukan persiapan, agar dimana seluruh penumpang dapat pelayanan yang terbaik," lanjutnya.

Test urine

Hilmansyah menerangkan, pihaknya rutin melakukan test urine untuk seluruh supir dan pengemudi lainnya yang ada di Terminal Bus Tanjung Priok.

"Kalau kegiatan ini sangat penting karena kita memastikan betul saat-saat mengemudikan bus, sang sopir dalam kondisi yang fit dan prima atau tidak. Hal ini agar menjamin keamanan penumpang," terangnya.

‎Dijelaskan Hilmansyah, dari seluruh pengemudi armada bus yang diperiksa dengan kegiatan test urine dan cek kesehatan selama beberapa pekan terakhir, tidak ditemukan pengemudi yang kedapatan menggunakan narkotika dan mengkonsumsi minuman beralkohol

"Hasil test urine untuk seluruh pengemudi di Terminal Bus Tanjung Priok hasilnya negatif. Hanya saja, kami masih temui sejumlah supir untuk bus jarak jauh tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mengalami gangguan hipertensi. Untuk mereka kita minta untuk menyiapkan supir cadangan. Agar bisa bergantian mengendarainya," paparnya.

Terhitung, kata Hilmansyah, sebanyak 30 ‎Perusahaan Otobus (PO) yang melayani 24 rute tujuan dari arah Terminal Bus Tanjung Priok menuju ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Meski tidak memberangkatkan - keberangkatan bus gratis di Terminal Bus Tanjung Priok, lanjut Hilmansyah, keberangkatan bus gratis mudik akan diberangkatkan dari Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok dan Kemayoran‎.

"Bila pada hari biasa ada total 115 bus reguler yang berangkat dari Terminal Bus Tanjung Priok setiap harinya. Selama arus mudik lebaran pada 1 hingga 10 Juli 2016 ada kenaikan 10 hingga 20 persen," tutupnya Hilmansyah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved