Breaking News:

Seminar Pancasila Memacu Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan

Penetapan tersebut terasa istimewa di tengah memudarnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Editor: Gede Moenanto
Kompas.com
Pancasila. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pemerintahan sudah menetapkan peraturan presiden tentang penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

Penetapan tersebut terasa istimewa di tengah memudarnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Sila-sila yang semestinya mendasari kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dilupakan. Kita semua rasanya perlu diingatkan lagi tentang isi Pancasila dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana tampak dalam seminar tentang Pancasila, yang diselenggarakan di Hotel Mercure, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (23/6/2016).

Penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila yang bukan hanya dikenang, diperingati, atau dilestarikan, tapi diamalkan.

Bahkan, dalam pidato pada sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), 1 Juni 1945, Ir Soekarno menyadari, Pancasila harus diperjuangkan agar terwujud secara nyata.

“Dengan berdirinya Negara Indonesia tidak berarti perjuangan selesai. Justru kita baru memulai perjuangan, tetapi sifat dan coraknya lain,” ungkap Soekarno, kala itu.

Sementara itu, kini, Presiden Joko Widodo mengajak kita untuk mensyukuri bahwa Indonesia memiliki Pancasila dan membandingkan kondisi di sejumlah negara yang disebutnya tengah gelisah oleh radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

Sebagai dasar negara, Pancasila adalah sebuah konsepsi dan cita-cita yang harus diwujudkan.

Melalui Pancasila bangsa kita punya pedoman dalam arah dan tujuan dalam kehidupan bernegara.

Catatan sejarah menunjukkan, sila-sila Pancasila muncul dari pemikiran mendalam yang bahan-bahannya berakar dari nilai-nilai yang ada di bumi Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved