Transportasi Jakarta

BPTJ Gandeng Wali Kota Depok Bahas Transportasi Jabodetabek

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kini mulai giat mengunjungi pemerintah daerah kabupaten dan kota yang ada di Jabodetabek.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Bus Transjakarta rute Terminal Margonda- Cawang UKI yang mulai beroperasi, Senin (20/6/2016). 

WARTA KOTA, JAKARTA -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kini mulai giat mengunjungi pemerintah daerah kabupaten dan kota yang ada di Jabodetabek.

Badan ini sendiri dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2015 tentang Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dan diundangkan pada 22 September 2015.

Setelah Kamis lalu (16/6) mengunjungi Wali Kota Bima Arya di kantornya, Rabu (22/6) Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga mengunjungi Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad.

KunjunganKepala BPTJ ke kepala daerah se-Jabodetabek ini dalam rangka mendapatkan masukan atas Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) yang sedang disusun.

RITJ ini nanti akan menjadi suatu kewenangan yang dimiliki oleh BPTJ untuk mengkoordinasikan semua komponen yang bekerja dalam sistem transportasi se-Jabodetabek.

Dengan dilakukannya kunjungan seperti ini, diharapkan dapat menyatukan program transportasi Jabodetabek yang akan tertuang dalam RITJ ini.

RITJ perannya sangat penting karena berdasarkan Pasal 3 ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2015 tentang BPTJ, dalam melaksanakan tugasnya BPTJ harus mengacu pada RITJ.

BPTJ sendiri mempunyai tugas yang sangat berat yaitu memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum dengan share sebanyak 60% pada 2030.

Sementara selama ini sejak Indonesia merdeka hingga sekarang, share pengguna kendaraan umum baru mencapai 15%.

Sisanya 85% lainnya menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil dan motor.

Halaman
123
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved