Reservoar Katulampa Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan

Dengan adanya revisi ini, proses pengelolaan kapasitas 600 liter per detik dari reservoar Katulampa bisa segera dioperasikan 2017-2018.

Warta Kota
Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menargetkan reservoar atau sistem pengolahan air minum Katulampa dapat beroperasi pada 2017 sehingga dapat memenuhi target pelayanan 100 persen.

"Penambahan infrastruktur seperti reservoar, pipa induk dan lainnya tengah dikebut oleh PDAM. Diharapkan reservoar Katulampa ini secepatnya terealisasi 2017," kata Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Senin.

Usmar mengatakan Pemerintah Kota Bogor telah menghibahkan dana sebesar Rp10 miliar kepada PDAM Tirta Pakuan untuk pembebasan lahan reservoar Katulampa. Setelah enam tahun, pemerintah pusat memberikan bantuan terkait upaya pencapaian universal akses pelayanan 100 persen tahun 2019.

"Hingga kini Kota Bogor telah memiliki kemampuan menyediakan layanan air bersih sebesar 82,5 persen. Tersisa 17,5 persen yang harus dipenuhi sampai 2019 mendatang," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Usmar, reservoar Katulampa akan direvisi dari kapasitas 2x5 ribu liter perdetik menjadi 1x5 liter perdetik, plus perpanjangan pipa induk.

"Dengan adanya revisi ini, proses pengelolaan kapasitas 600 liter per detik dari reservoar Katulampa bisa segera dioperasikan 2017-2018. Sehingga bisa melayani pesatnya pertumbuhan permintaan terutama di wilayah Bogor Timur dan Bogor Utara," katanya.

Usmar mengatakan, dirinya akan memastikan proses lelang untuk reservoar sedang berjalan. Tetapi untuk lelang WTP berada di pusat. Karena berasal dari APBN yang anggarannya mencapai Rp70 miliar.

"Bantuan untuk reservoar dari DAK Kemenpupera sebesar Rp45 miliar," katanya.

Usmar menambahkan, pembangunan reservoar Katulampa dilakukan secara simultan untuk dapat meningkatkan kapasitas debit air sebesar 600 liter per detik agar dapat melayani semua masyarakat Kota Bogor.

"Jika semua program bisa terealisasi, kapasitas produksi Katulampa bisa mencapai 1.000 liter per detik," katanya. (Antara)

Editor: Adi Kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved